Yuk Baca Doa Ini Ketika Rindu Keluarga Saat Tengah Berhaji

Jemaah calon haji perlahan lahan mulai berdatangan ke Tanah Suci untuk melaksanakan berbagai rangkaian ibadah Haji. Berbagai persiapan pun telah dilakukan, mulai dari persiapan fisik hingga finansial.

Selain persiapan fisik ddan finansial, sebetulnya masih ada lagi persiapan yang harus dipersiapkan jemaah yaitu persiapan hati. Mengingat melaksanakan ibadah Haji membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 40 hari tentunya akan membuat jemaah rindu akan keluarga di Tanah Air.

Dilansir dari liputan6, ada doa khusus yang bisa dipanjatkan saat merindukan keluarga di Tanah Air.

Di dalam Alquran terdapat doa yang dapat menjadi penawar rindu jemaah calon haji dari surat At Thaha ayat 39:

وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِي

Wa-alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a’laa ‘ainii

Artinya :

“Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dariku, dan supaya kamu di asuh di bawah pengawasanku.”

Sementara itu, dilansir dari buku Sifat Haji & Umrah Nabi karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani, terdapat doa agar terlindung dari duka dan kesedihan sebagai berikut.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari ketidakberdayaan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari kepengecutan dan kekikiran. Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan penindasan orang.”

 

Leave a Comment