traveling

7 Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Nyaman dan Aman

Lebaran adalah momen satu tahun sekali yang tidak pernah dilewatkan untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Maka dari itu, menjelang libur lebaran tiba selalu dimanfaatkan untuk pulang kampung alias mudik. Apalagi untuk Anda yang merupakan seorang perantau, mudik tidak akan pernah Anda lewatkan. Setelah hampir satu tahun tidak bertemu dengan mereka yang ada di kampung halaman, kini saatnya pulang dan bersilaturahmi dengan saudara di sana.

Berikut adalah 7 Tips mudik Lebaran agar perjalanan nyaman dan aman. Simak ya!

1. Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

Banyaknya opsi kendaraan tentu membuat Anda harus pintar-pintar memilih kendaraan yang sekiranya akan membuat Anda aman dan nyaman selama perjalanan. Jika Anda mudik dengan kendaraan pribadi seperti mobil, baiknya persiapkan terlebih dahulu kendaraan Anda. Bawalah kendaraan Anda ke bengkel untuk diperiksa kondisi mesin dan lain-lain. Lalu, carilah jalur mudik alternatif yang aman dan tentunya banyaklah mencari info jalur yang tidak macet atau minim akan kemacetan sehingga Anda tidak lelah di jalan. Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar kendaraan Anda agar tidak mogok ditengah jalan.

Jika menggunakan kendaraan umum, seperti pesawat, kereta atau bus, carilah kendaraan yang paling nyaman dan pastikan barang bawaan Anda aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

2. Atur Anggaran Pengeluaran Selama Mudik

Selama Anda mudik, dapat dipastikan banyak pengeluaran yang akan Anda keluarkan untuk sampai di tempat tujuan dan juga selama di sana. Baiknya, beberapa minggu sebelum mudik Anda sudah membuat daftar anggaran pengeluaran, seperti anggaran untuk tiket, penginapan, angpao lebaran, oleh – oleh, dan pengeluaran tak terduga yang membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih. Maka, sebelum mudik terlaksana persiapkan anggaran tersebut agar dapat membantu Anda mengetahui berapa besar pengeluarannya. Jika Anda dapat menggunakan hanya uang THR untuk mudik, itu adalah hal yang baik.

3. Persiapkan Barang Bawaan

Tips mudik lebaran agar perjalanan nyaman dan aman selanjutnya adalah dengan membuat daftar barang bawaan beberapa hari sebelum pergi. Buatlah daftar barang bawaan yang nantinya berguna selama perjalanan mudik. Daftar barang bawaan berguna untuk mendata agar tidak ada barang yang tertinggal. Jangan sampai ada barang penting, seperti charger gadget atau kamera, yang tertinggal karena lokasi tujuan yang jauh dari kota akan menyulitkan mencari barang pengganti yang tertinggal.

Daftar tersebut juga berguna agar tidak terlalu banyak barang bawaan yang dibawa karena nanti akan merepotkan di kendaraan dan juga dapat dipastikan saat pulang barang yang dibawa akan bertambah karena buah tangan. Selain itu, jika naik pesawat, barang yang melampaui kapasitas juga akan dikenakan biaya bagasi tambahan.

4. Persiapkan Fisik Serta Obat-Obatan Pribadi

Mudik bisa dikatakan sebagai aktivitas yang cukup melelahkan. Banyaknya waktu yang dihabiskan di jalan serta kondisi di sekitar yang tidak bisa diprediksi tentunya akan mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Maka dari itu, diwajibkan untuk mempersiapkan fisik yang prima agar tidak mudah sakit di perjalanan. Apalagi jika Anda menyetir kendaraan pribadi, maka harus siap kondisi fisik agar tidak terjadi kecelakaan. Olahraga kecil rutin setiap hari dan istirahat yang cukup serta makan yang dijaga dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Persiapkan juga kotak P3K serta  obat – obatan pribadi jadi jika ada yang sakit di jalan dapat langsung diobati dan dapat mudik kembali dengan nyaman. Anda juga bisa membawa suplemen atau madu untuk menjaga daya tahan tubuh atau menambah stamina selama perjalanan agar tidak mudah lelah maupun sakit.

Untuk memudahkan Anda mendapatkan suplemen atau madu Anda bisa membelinya di Bursa Sajadah. Bursa Sajadah menyediakan minuman suplemen alami serta aneka jenis madu yang bisa menjaga tubuh Anda selama perjalanan. Tidak perlu repot-repot mencari, hanya mengunjungi toko Bursa Sajadah Anda sudah bisa mendapatkan dua minuman alami ini.

5. Jangan Lupa Aktifkan GPS Sebelum Berangkat

Tips mudik lebaran agar perjalanan nyaman dan aman kelima adalah mengaktifkan GPS di smartphone Anda beberapa saat sebelum Anda berangkat. GPS akan membantu Anda melacak keberadaan masing-masing jika Anda, pasangan atau anak terpisah tanpa disengaja.

Selain itu Anda wajib menyimpan nomor-nomor penting di kontak smartphone, seperti nomor telepon ambulans, polisi dan pemadam kebakaran. Letakkan nomor kerabat yang bisa dihubungi untuk kondisi darurat di tempat teratas daftar kontak Anda.

Aplikasi peta di smartphone kadang bermasalah, jadi jangan lupa bekali diri Anda dengan peta ya!

6. Bawa Hiburan Selama Mudik

Melakukan perjalanan dengan waktu berjam-jam tentu bisa membuat Anda merasa jenuh. Maka untuk menyiasatinya adalah dengan membawa hiburan agar perjalanan Anda terasa menyenangkan. Anda bisa membawa berbagai jenis cd musik atau ipod untuk menemani perjalanan Anda. Dengan mendengarkan musik, tentu Anda akan merasa lebih rileks dan terhibur.

Anda bisa juga mendengarkan melalui smartphone Anda. Hanya saja pastikan baterai sudah terisi penuh atau bawa powerbank agar tetap bisa mengisi batrai gadget di jalan. Jangan lupa juga untuk mengisi pulsa agar tetap tersambung ke internet dan juga ada persiapan dalam keadaan darurat. Selain gadget, buku adalah opsi lain yang dapat Anda bawa dan menjadi hiburan selama di perjalanan. Anda juga dapat menambah kebersamaan dengan saudara dengan cara membawa papan permainan yang dapat dimainkan selama perjalanan untuk menghabiskan waktu.

7. Beristirahatlah saat lelah

Tubuh Anda bukanlah robot yang bisa beraktivitas tanpa henti. Tubuh memiliki batas maksimalnya dalam beraktivitas. Jika tubuh Anda sudah merasa lelah, maka janganlah memaksakan diri untuk terus berkendara. Tubuh yang letih tentu bisa membahayakan nyawa Anda nantinya. Beristirahatlah di rest area atau hotel terdekat. Istirahat adalah hal yang sangat penting, kembalilah menyetir pasa saat kondisi tubuh kita sudah segar.

Nah itulah 7 Tips mudik Lebaran agar perjalanan nyaman dan aman untuk Anda. Jangan lupa untuk dilakukan agar perjalanan mudik Anda berjalan dengan lancar.

Leave a Comment