5 Tips Memilih Bahan Hijab yang Sesuai Kebutuhanmu!

Sebagai seorang hijabers, kamu tentu tidak bisa memilih hijab sembarang. Sangat penting untuk kamu lebih cermat memilih bahan hijab yang tepat. Mengapa? Karena ini tidak hanya berkaitan dengan style fashion, tetapi juga demi kenyamanan saat akan beraktivitas baik di dalam maupun luar ruangan supaya kamu tidak merasa gerah ataupun kepanasan. Nah supaya aktivitasmu nanti lebih leluasa, ini dia tips memilih bahan hijab yang tepat sesuai kebutuhanmu!

1. Bahan Voile

Bahan voile merupakan bahan dengan kelembutan dan kehalusan yang tinggi. Oleh karena itu bahan hijab satu ini sangat cocok dan nyaman digunakan pada siang hari. Untuk membuatnya menjadi lebih nyaman, kamu perlu menggunakan dalaman seperti ciput atau ninja terlebih dahulu. Namun, karena bahan hijab ini memiliki sifat yang nggak lentur, mungkin bisa jadi kamu akan sedikit kesulitan untuk mengkreasikannya. Tapi, ya, nggak ada salahnya untuk kamu coba dulu.

2. Bahan Katun

Hijab berbahan katun menjadi salah satu bahan hijab yang paling nyaman untuk digunakan dalam keseharian. Tekstur bahannya yang halus, dingin, nyaman dan ampuh menyerap keringat ini menjadikan hijab dengan bahan katun sangat fleksibel untuk kamu gunakan di hari yang santai. Nggak cuma untuk menikmati hari yang santai, kamu juga bisa banget lho menggunakannya untuk ke kampus, kantor, bahkan ke pesta sekalipun. Jadi, nggak salah kalau kamu kamu memiliki hijab berbahan katun atau yang lebih dikenal dengan paris ini sebagai koleksimu.

3. Bahan Satin

Hijab berbahan satin menjadi salah satu hijab yang pas ketika digunakan untuk acara resmi karena berbahan mengkilap dan licin sehingga terlihat lebih glamour. Namun, bahan satin ini cukup sulit untuk dibentuk serta rentan turun karena permukaannya yang licin.

4. Bahan Sifon

Hijab berbahan sifon pada dasarnya berbahan kapas, sutra, dan serat sintetis. Lantaran terbuat dari bahan-bahan tersebut inilah, hijab sifon pun memiliki sifat yang tipis, licin, dan cenderung panas saat digunakan. Nah supaya kamu bisa mengenakan hijab ini dengan nyaman, kamu perlu mengenakan ciput yang terbuat dari bahas kaos terlebih dulu.

Penggunaan ciput ini akan membantumu terhindar dari rasa panas dan gerah dan tentunya supaya kamu nggak ribet untuk bolak-balik membenarkan jilbabmu. Jilbab berbahan sifon ini pun akan cocok banget untuk kamu gunakan pada acara semi-formal dan formal karena akan ada kesan elegan ketika kamu menggunakannya.

5. Bahan Sutra

Hijab berbahan sutra cenderung tipis dan sangat lembut, jadi nggak heran ketika kamu tengah menggunakannya, kamu akan merasa begitu nyaman. Hal itu dikarenakan bahannya yang dingin dan lembut. Rasanya karena alasan itu juga bahan sutra ini menjadi bahan yang lebih mahal harganya jika dibandingkan dengan bahan yang lainnya.

Namun, untuk kamu yang memiliki hijab berbahan sutra kamu harus merawat hijabmu dengan perawatan khusus agar bisa bertahan lama. Selain itu, kamu juga harus tahu kalau sutra adalah jenis bahan yang mudah kusut dan luntur. Meski begitu, kamu tetap harus memilikinya karena bahan hijab yang satu ini bisa menemani keseharianmu, bahkan bisa menemani kamu untuk tampil sempurna saat kondangan.

Leave a Comment