pregnant mom

7 Tips Lancar Berpuasa untuk Ibu Hamil

Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu kewajiban umat muslim di seluruh dunia. Namun bagi wanita yang tengah mengandung, menjalankan ibadah puasa tentu menjadi tantangan tersendiri. Tenaga serta stamina terkuras lebih banyak. Maka dari itu, wanita hamil memiliki dua pilihan ketika memasuki bulan Ramadhan. Mereka boleh menjalankan ibadah puasa atau meninggalkannya jika tak mampu. Sebagai gantinya ibu hamil wajib membayar fidyah, yakni memberi satu porsi makan orang miskin dengan standar lingkungan tempatnya tinggal. Satu hari tak berpuasa dihitung satu porsi makanan.

Di awal kehamilan biasanya ibu hamil memilih untuk tetap menjalankan puasa. Nah sebelum berpuasa alangkah baiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter serta mengikuti beberapa tips lancar berpuasa untuk ibu hamil di bawah ini.

1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Tips lancar berpuasa untuk ibu hamil yang pertama adalah perbanyaklah minum air putih saat sahur maupun berbuka agar tubuhmu tidak dehidrasi di siang hari. Normalnya kebutuhan air minum minimal 8 gelas sehari. Anda dapat membaginya dengan 4 gelas saat sahur, 2 gelas ketika berbuka dan 2 gelas sebelum tidur. Jauhilah minuman dingin karena dapat mengurangi kinerja lambung.

2. Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks dan serat

Makanlah makanan yang mengandung banyak karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oatmeal, dan kacang-kacangan, dan juga yang mengandung serat, misalnya sayur dan buah, kacang-kacangan, gandum dan biji-bijian. Makanan ini membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga rasa lapar akan datang lebih lama. Serat juga berfungsi untuk mencegah konstipasi. Seimbangkan juga porsi makanmu. Lebih baik porsi sedikit tapi sering daripada sekali tapi terlalu banyak.

3. Hindari makanan dan minuman manis saat sahur

Kurangi juga mengonsumsi makanan dan minuman manis saat sahur agar tubuh tak mudah lemas dan cepat merasa lapar. Makanan dan minuman manis membantu meningkatkan kadar gula darah yang turun saat berpuasa, namun setelah itu dapat menyebabkan menurunnya kadar gula darah dengan cepat. Hal ini mengakibatkan ibu hamil menjadi lemas dan lemah serta dapat membuat cepat merasa lapar.

4. Minum susu ibu hamil saat buka dan sahur

Jangan lupa untuk meminum susu ibu hamil untuk menjaga perkembangan janin dan mengurangi risiko anemia pada ibu hamil. Jika biasanya Anda mengkonsumsinya pada pagi dan malam hari, maka gantilah dengan meminum segelas susu hangat saat sahur dan berbuka. Seimbangkan pula dengan banyak meminum air putih.

5. Mengonsumsi vitamin

Ibu hamil membutuhkan makanan yang mengandung vitamin untuk menjaga vitalitas tubuh. Berkonsultasilah ke dokter terlebih dahulu untuk memutuskan vitamin mana yang cocok bagi tubuh dan kesehatan janin Anda. Sehingga vitamin yang dikonsumsi dapat bermanfaat secara maksimal serta mengurangi risiko obat-obatan pada ibu hamil.

6. Kurangi aktivitas berlebih dan istirahat yang cukup

Berpuasa dalam kondisi hamil tentu membuat tenagamu terkuras lebih banyak, maka dari itu kurangi beraktivitas yang berlebihan dan lakukanlah istirahat dengan cukup agar tubuhmu tidak kelelahan. Ketika kondisi tubuh Anda stabil, tentu akan berdampak pada kesehatan janin dan tubuh. Hindari pula hal-hal yang bisa membuatmu tertekan atau stres agar Anda dapat menjalankan puasa dengan nyaman.

7. Batalkan puasa jika kondisi tubuh memburuk

Apabila Anda merasa kondisi sudah tidak menmungkinkan untuk menjalani puasa di siang harinya, maka jangan memaksakan diri untuk melanjutkan puasa. Anda bisa membatalkan puasa dan diganti dengan membayar fidyah sesuai dengan waktu puasa yang ditinggalkan.

Sudah tahu, kan apa yang harus Anda lakukan? Jangan lupa untuk terapkan 7 tips di atas ya Sahabat!

Leave a Comment