nabawi

Tips Agar Tidak Mudah Kehilangan Sandal di Masjid Nabawi

Pada musim haji seperti sekarang, Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi tentunya akan dipenuhi ratusan ribu orang dari berbagai negara yang hendak beribadah sekaligus berziarah ke makam Rasulullah SAW yang berseberangan dengan mimbar khutbah. Keutamaan shalat di Masjid Nabawi tersebut yang akhirnya mendorong jemaah untuk selalu mengunjungi masjid ini.

Namun, berkumpulnya jamaah di Masjid Nabawi terkadang membuat jemaah harus mengalami beberapa kejadian, salah satunya kehilangan sandal mereka. Memang, Jamaah haji yang kehilangan sandal di Masjid Nabawi, Madinah bukan hal yang aneh lagi. Maka dari itu, terkait hal ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Dilansir dari okezone.com, Pelaksana Tugas Kepala Daerah Kerja Madinah Amin Handoyo menyebutkan, yang sering terjadi bukan sandal hilang, tetapi jamaah lupa di mana meletakkan sandalnya.

“Makanya ditandai, jamaah taruh di mana sandalnya,” jelas dia, Sabtu (6/7/2019).

Jamaah, kata dia, sering lupa pintu Masjid Nabawi yang dia masuki, di mana dia meletakkan sandalnya. Ada kalanya, jamaah sudah berada di pintu yang benar, tetapi loker tempat meletakkan sandal yang salah.

“Hal-hal itu yang harus kita ingat,” kata dia.

Dia mengimbau, agar para jamaah membawa minimal plastik untuk membawa sandalnya, dan menaruhnya di loker yang disediakan.

Atau, jika memungkinkan, jamaah agar membawa tas kecil untuk tempat sandalnya. Jika sandal dibawa dalam tas, kata dia, silahkan dibawa ke dalam.

“Tapi kalau pakai plastik jangan. Ditaruh saja di loker. Tapi harus ingat posisi lokernya,” jelas dia.

Kalau pakai plastik dibawa ke dalam masjid, menurut dia, walaupun tidak ditegur petugas, tapi tidak enak dengan orang yang salat di sebelahnya. “Membuat tidak nyaman,” tuturnya.

Leave a Comment