WhatsApp Image 2018-09-14 at 11.39.49

Tak Perlu ke Laundry, Ini Cara Mudah Cuci Sajadah di Rumah

Kebersihan adalah sebagian dari iman”—kita semua tentu sudah tidak asing dengan ucapan tersebut. Tak hanya tubuh kita saja yang harus selalu bersih, namun juga benda-benda yang kita miliki. Sajadah sebagai alat shalat yang digunakan untuk menghadap Allah SWT adalah salah satu benda yang harus kita jaga kebersihannya. Memang di zaman sekarang sudah ada jasa laundry yang dapat membantu mencuci dan membersihkan sajadah yang kita miliki. Akan tetapi, sebetulnya mencuci sajadah itu bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah lho. Yuk, ikuti 6 langkah tips berikut ini!

  1. Pisahkan

Pastikan Anda memisahkan sajadah dengan pakaian lain yang akan Anda cuci. Hal ini perlu dilakukan agar sajadah tidak terkontaminasi kotoran dari pakaian-pakaian lainnya.

  1. Rendam

Langkah selanjutnya, rendamlah sajadah dalam air deterjen selama 30 menit. Gunakan deterjen yang lembut dan jangan direndam lebih lama dari waktu tersebut agar bulu-bulu pada sajadah tidak rusak.

  1. Kucek

Setelah direndam selama 30 menit, kucek sajadah Anda dengan kedua tangan agar debu dan kotoran yang menempel hilang.

  1. Sikat

Jika ada noda membandel dari sisa makanan atau lainnya yang tidak bisa hilang dengan dikucek, Anda bisa coba menggunakan sikat pakaian untuk menghilangkannya. Pastikan untuk menyikatnya dengan lembut agar tidak merusak tekstur sajadah.

  1. Bilas

Apabila telah dirasa cukup, langkah selanjutnya adalah membilas sajadah dengan air bersih. Agar sajadah tidak kusut dan bulu-bulunya rusak, pastikan Anda tidak memerasnya terlalu keras. Jika memungkinkan, tidak usah diperas sama sekali dan langsung dijemur saja.

  1. Jemur

Langkah terakhir adalah menjemur. Cara terbaik untuk menjemur sajadah adalah menghamparkannya di atas jemuran besi, serta hindari kontak langsung dengan sinar matahari. Hal ini perlu diperhatikan agar warna sajadah tidak cepat pudar dan sajadah lebih tahan lama.

Bagaimana, Sahabat? Sangat mudah bukan langkah-langkah mencuci sajadah ini? Anda tak perlu merogoh kocek untuk mengirimnya ke laundry karena bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Jadi, pastikan sajadah Anda selalu bersih dan harum ketika melakukan ibadah dan menghadap Allah SWT, ya.

Nah, selain cara mencuci, kualitas sajadah itu sendiri pun perlu diperhatikan. Jika Anda ingin memiliki sajadah berkualitas terbaik namun dengan harga terjangkau, Anda bisa menemukan banyak ragamnya di Bursa Sajadah. Anda hanya perlu klik Bursa Sajadah dan pilih langsung sajadah favorit Anda. Yuk, tunggu apa lagi?

Leave a Comment