photo credit: mingguanwanita.my

Tak Disangka! Ini 9 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Minyak zaitun atau olive oil adalah minyak yang didapatkan dari hasil penggilingan buah zaitun. Tanaman zaitun sendiri umumnya tumbuh di daerah beriklim panas hingga sedang, seperti Asia, Afrika, dan Laut Tengah. Selain digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga mengandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa di antaranya adalah vitamin E dan K, zat besi, dan lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic. Kandungan-kandungan ini juga ternyata memiliki banyak manfaat lho, bagi kecantikan. Yuk, simak apa saja!

 

  1. Memelihara kesehatan rambut

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun dapat menjaga dan memulihkan kesehatan rambut. Jika Anda memiliki masalah rambut kering, mudah rontok atau bahkan kebotakan, mengoleskan minyak zaitun secara rutin dapat membantu mengatasinya. Minyak zaitun dapat merangsang pertumbuhan rambut serta membuat rambut bersinar secara alami.

 

  1. Menebalkan alis secara alami

Selain rambut, kandungan vitamin E dari minyak zaitun dapat dimanfaatkan untuk menebalkan alis. Oleskan minyak zaitun pada alis Anda sebelum tidur dan biarkan semalaman, bersihkan saat mencuci di muka di pagi harinya. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

  1. Memanjangkan dan menebalkan bulu mata

Di samping rambut dan alis, Anda juga bisa memanfaatkan minyak zaitun dan kandungannya untuk memanjangkan dan menebalkan bulu mata. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan bulu mata idaman yang alami tanpa harus memakai bulu mata palsu yang dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata Anda.

 

  1. Mengecilkan pori-pori wajah

Selain sejumlah zat yang sudah disebutkan sebelumnya, minyak zaitun juga mengandung zat yang disebut linoleic acid. Zat ini dapat membantu mengecilkan pori-pori di wajah yang seringkali mengganggu penampilan.

 

  1. Mengencangkan kulit wajah

Zat linoleic acid dalam minyak zaitun juga bisa berfungsi mengencangkan kulit wajah. Hal ini disebabkan zat tersebut dapat menjaga kadar air pada kulit wajah agar tidak muncul keriput pada usia dini. Campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan 1 sdt madu dan gunakan sebagai masker wajah untuk mendapatkan hasil kulit yang kencang.

 

  1. Mengatasi jerawat

Apakah kulit wajah Anda mudah berjerawat? Jika ya, minyak zaitun mungkin bisa menjadi jawaban bagi masalah Anda. Zat-zat yang terkandung dalam minyak zaitun dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat. Kandungan antibakterinya mampu menyembuhkan jerawat yang terjadi karena infeksi bakteri, polifenol sebagai antioksidan dapat mengeluarkan racun dalam tubuh serta mencegah segala jenis infeksi, dan sifat anti-inflamasinya berguna sebagai penyembuh bekas-bekas jerawat.

 

  1. Mencerahkan dan menghaluskan kulit wajah

Minyak zaitun juga dapat menghasilkan kulit wajah yang cerah dan halus. Jika kulit Anda sensitif terhadap produk-produk pemutih yang mengandung zat kimia, maka minyak zaitun adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit wajah setiap hari secara teratur, Anda akan mendapatkan kulit cerah dan halus secara alami.

 

  1. Menghilangkan bibir hitam

Jika Anda memiliki bibir hitam atau gelap, kandungan vitamin E dan K dalam minyak zaitun dapat digunakan untuk mengatasinya. Oleskan minyak zaitun pada bibir Anda setiap hari untuk memunculkan kembali warna merah alami bibir.

 

  1. Mengatasi kulit kering

Selain untuk kecantikan wajah, minyak zaitun juga dapat berfungsi sebagai body lotion. Apabila Anda memiliki kulit yang kering, maka aplikasikanlah minyak zaitun secara teratur setiap hari. Selain melembapkan, kandungan antioksidan dalam minyak zaitun juga akan melindungi Anda dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

 

Meski banyak dan mudah ditemukan di pasaran, tidak semua minyak zaitun memiliki kualitas yang baik. Nah, jika Anda ingin mendapatkan minyak zaitun dengan kualitas terbaik, pastikan Anda membelinya di Bursa Sajadah. Dengan mengklik link ini, Anda bisa langsung memilih minyak zaitun sesuai dengan keinginan Anda dan tinggal duduk tenang menunggunya diantar ke rumah. Sangat mudah, bukan? Jadi, yuk dapatkan minyak zaitun dan maksimalkan manfaatnya untuk wajah dan kulit yang lebih cantik!

Leave a Comment