newatlas.com

5 Olahan Cokelat yang Bisa Kamu Buat Sendiri Tanpa Ribet

Kalau bicara tentang makanan ini, pasti langsung menggugah selera. Rasanya yang manis dilidah dan disinyalir dapat membuat orang yang memakannya lebih rileks dan bahagia tentu membuat makanan ini menjadi salah satu makanan yang paling digemari. Yups, dia adalah cokelat. Hampir semua orang khususnya kaum hawa menyukai makanan yang satu ini.

Cokelat biasanya dapat dimakan langsung atau diolah menjadi olahan makanan seperti kue maupun minuman yang lezat. Buat kalian penggemar cokelat, tentunya ngga akan menyiakan-nyiakan makanan yang satu ini.  Kadang kamu juga sengaja mencari kuliner-kuliner cokelat yang unik untuk kamu nikmati. Nggak heran uangmu sering kali habis lebih dini.

Tapi sayang nggak sih kalau uangmu habis cuma untuk kuliner cokelat saja? Nah, supaya kegemaranmu ini berjalan tanpa perlu mengahabiskan uangmu. Berikut 5 olahan cokelat yang bisa kamu buat sendiri tanpa ribet

1. Kue Tart Cokelat Oreo

Siapa sih yang nggak suka sama kue tart? Dijamin deh mayoritas pasti menyukai kue yang satu ini. Tapi pernah coba kue tart berbahan dasar cokelat dan keping oreo? kalau belum, Bursa Sajadah bakalan kasih resepnya untuk kamu. Nggak perlu menggunakan oven, kamu sudah bisa membuat kue ini. Caranya pun mudah dan soal rasa? Dijamin bisa bikin kamu ketagihan. Ini resepnya

Bahan:

  • Oreo crust: 300 gram biskuit Oreo dan 1/2 cangkir mentega
  • Chocolate cream: 4/5 cangkir krim kental, 200 gram keping dark chocolate dan 1/4 cangkir mentega
  • Hiasan: sekitar 4 atau 5 keping biskuit Oreo dan cokelat chips

Cara membuatnya:

Pertama, buatlah dulu oreo crust dengan dilembutkan lalu tambahkan mentega cair. Blender kedua bahan tersebut hingga tercampur merata. Setelahnya tempatkan ke dalam loyang pie yang berbentuk persegi panjang. Untuk memudahan kamu saat mengambilnya nanti, jangan lupa alasi loyang dengan kertas kue. Sedangkan untuk mendapatkan crust yang padat, pastikan kamu tekan secara merata.

Sambil menunggu oreo crust mengeras. Didihkan krim dalam panci berukuran sedang. Setelah mendidih, matikan api dan tambahkan potongan dark cokelat serta mentega. Aduk sampai rata. Dinginkan beberapa menit, dan terakhir tuangkan krim cokelat ke dalam oreo crust. Hiasi dengan beberapa biskuit oreo yang dicincang kasar serta taburan cokelat chips sesuai selera. Dinginkan di dalam kulkas kurang lebih 2-3 jam.

2. Ice Honey Chocolate

Pernah mencoba atau bahkan membuat minuman cokelat yang dicampur madu? Kalau belum, Anda wajib banget mencoba minuman yang satu ini. Simak resepnya yuk

Bahan:

  • 200 gram milk chocolate yang dilelehkan
  • 100 gram gula pasir
  • 200 cc whipping cream
  • 100 cc madu
  • 3 kuning telur
  • 1 putih telur
  • 150 cc susu cair
  • 60 gram gelatin yang dilelehkan

Cara membuatnya:

Pertama, kocok kuning telur dengan gula. Kemudian tambahkan susu cair dan masak di api sedang sambil diaduk-aduk. Setelah mendidih, masukkan gelatin yang telah dilelehkan menyusul cokelat leleh, madu dan whipping cream. Aduk hingga rata campuran tersebut. Kocok putih telur hingga kaku lalu tuang ke dalam adonan sambil diaduk hingga merata sempurna. Tuang adonan ke dalam gelas dan masukkan ke dalam freezer. Sajikan ketika sudah membeku

3. Bola Cokelat Rice Crispy

Siapa sih yang enggak tahu cemilan yang satu ini? Yup, bola-bola cokelat. Bentuknya yang asyik dengan taburan topping membuat cemilan satu ini disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Kali ini Bursa Sajadah akan memberikan resep Bola-bola cokelat rice crispy, penganan yang cocok untuk disajikan saat bersantai di sore hari.

Bahan:

2 bungkus biskuit Marie

1 kaleng susu kental manis coklat

Cherry/Strawberry/Kismis

Rice Krispies secukupnya

Cara membuatnya:

Hancurkan 2 bungkus biskuit Marie atau biskuit lainnya sesuai selera sampai berbentuk bubuk halus dengan blender atau dihancurkan di mangkuk yang cukup tebal dengan bantuan alu. Tuangkan sedikit demi sedikit susu kental manis rasa cokelat ke dalam bubuk marie yang sudah halus, kemudian uleni. Jaga agar adonan tadi tetap kalis, tambahkan susu kental manis atau bubuk cokelat jika diperlukan. Potong-potong cherry/buah kalengan kecil-kecil. Ambil satu sendok makan adonan susu dan marie, bentuk piringan agak tebal, isi dengan potongan cherry/buah kalengan. Buat menjadi bulatan. Tuangkan rice krispies dalam wadah. Gulingkan bola-bola cokelat ke rice krispies sampai permukaan bola tertutup oleh rice krispies. Adakalanya bola-bola cokelat kurang dapat melekat, oleh sebab itu Anda bisa menggulingkan pada susu cokelat yang dicairkan dengan air hangat.

4. Lasagna Cokelat Oreo

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar lasagna? Pasti deh nggak akan jauh-jauh dari tumpukan mozarela yang lumer dan daging cincang yang gurih. Eits, tunggu dulu! Kamu harus kenalan nih… sama olahan cokelat dan oreo yang tumpuk berlapis dengan krim keju menyerupai lasagna. Dijamin juga, mains dan gurihnya oreo serta keju nggak kalah sama gurihnya mozarela dan daging cincang di lasagna biasa. Intip resepnya di sini yuk!

Bahan:

  • 36 keping oreo biasa
  • 6 sendok mentega, dilelehkan
  • 250 gram krim keju
  • gula 1/4 cup
  • 2 sendok makan susu dingin
  • 350 gram cool whip krim
  • 2 paket puding cokelat instan
  • 3 1/4 cangkir susu dingin
  • 1 cangkir mini chocolate chips

Cara membuatnya:

Hancurkan keping oreo dengan rolling pin. Setelah semua keping hancur, tambahkan mentega cair dan aduk sampai rata. Lalu masukkan ke dalam piring, tekan hingga bagian bawah lasagna cukup padat. Dinginkan ke dalam kulkas kurang lebih 5 menit

Dalam mangkuk berukuran sedang, kocok krim keju hingga mengembang. Kemudian tambahkan 2 sendok makan susu dan gula. Aduk sampai merata. Sebelum campuran krim keju dan susu diletakkan di atas oreo crust, oleskan cool whip krim terlebih dulu. Dinginkan lagi di dalam kulkas selama 5 menit.

Di mangkuk yang lain lagi, gabungkan puding coklat dan susu dingin. Kocok sampai mengental. Dan oleskan campuran tadi di atas lapisan krim keju. Tempatkan kembali di kulkas sampai puding cukup mengeras.

Dan terakhir, oleskan lagi sisa cool whip cream di atas lapisan puding sebelum kamu menghiasnya dengan cokelat chips. Sajikan saat dingin, dijamin kamu nggak akan move on.

5. Macaroon Cokelat Kelapa

Bahan:

  • ¾ cangkir madu
  • ⅓ cangkir minyak kelapa
  • ½ sendok teh garam
  • 1 sendok makan ekstrak vanili nyata
  • 3,5 cangkir manisan kelapa siapa pakai
  • ⅔ cangkir kakao
  • ½ cangkir almond bubuk

Cara membuatnya:

Masak madu bersama minyak kelapa dengan api kecil. Lalu tambahkan manisan kelapa dan aduk hingga rata. Beri garam dan ekstrak vanili sesuai selera. Kemudian, tambahkan almond bubuk dan kakao. Setelah semua benar tercampur sendok adonan cokelat kelapa tadi dengan menggunakan scoop es krim. Masukkan bulatan-bulatan macaroon cokelat kelapa ke dalam freezer kurang lebih selama 20 menit.

Sudah siap untuk membuat olahan cokelat yang bisa kamu buat sendiri di rumah? Atau masih bingung mau cari cokelat dimana? Eits… ngga usah bingung. Kamu bisa mendapatkannya di Bursa Sajadah. Silakan hubungi CS kami di 081322141666 atau lengkapnya bisa di sini.

Leave a Comment