odoo_logo_plain

AARTI JAYA TELAH MENGIMPLEMENTASIKAN ERP !!

Saat ini, AARTI Jaya telah mengimplementasikan aplikasi berbasis ERP untuk membantu kegiatan di Bursa dan di DC – Kopo.

Adapun Manfaat yang akan didapatkan dengan Implementasi ERP ini adalah :

Dengan adanya Software ERP akan membantu perusahaan kita dalam mengintegrasikan informasi dari seluruh fungsi bisnis yang berbeda, yaitu mengelolah sumber daya yang terpusat dengan cara menyederhanakan penyajian data-data dan mengelolah menjadi infomasi, sehingga akan memudahkan perusahaan dalam proses mengambil keputusan.

ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning. Software ERP ini akan membantu perusahaan kita untuk merencanakan dan pengelolaan berbagai macam sumber daya yang ada pada  proses bisnis masing masing perusahaan. Seperti pada perusahaan kita yang telah memiliki berbagai macam unit bisnis dan fungsi seperti penjualan, akunting, keuangan, customer relationship management, sumber daya manusia, inventory management, supply chain, dll.

Dalam kaitan ini, PT. AARTI Jaya telah mengimplementasikan Odoo sebagai software ERP.

Dengan adanya software ERP  maka akan mengintegrasikan keseluruhan informasi terkait fungsi-fungsi tersebut, untuk mengumpulkan data-datanya ke dalam satu database dan menyajikannya kepada masing masing user dalam bentuk tampilan yang sederhana.

Seperti yang telah kita sadari, dalam pergerakan bisnis yang serba cepat saat ini terdapat banyak ketidakpastian yang diakibatkan oleh faktor-faktor seperti kondisi perekonomian global, kompetisi bisnis yang semakin ketat dan permintaan serta harapan pelanggan yang semakin tinggi.

Oleh karena itu apabila bisnis kita tidak mampu melakukan perubahan dan adaptasi secara terus menerus kemungkinan besar akan runtuh dalam waktu cepat, maka di sinilah pentingnya peranan implementasi sistem berbasis ERP. Dengan ERP ini perusahaan kita akan lebih mudah dalam mengelola proses bisnis dan melakukan pengembanganya, selain itu manfaat yang terdapat dalam sistem ERP ini adalah akan membantu manajemen AARTI Jaya dalam mengambil keputusan-keputusan yang bersifat strategis.

Implementasi ERP pada perusahaan kita akan memberikan manfaat dan membantu kegiatan operasional perusahaan sebagai berikut:

  1. Mempermudah pengendalian proses bisnis

 

Sistem ERP akan menyajikan beragam data dari unit bisnis yang berbeda-beda secara sistematis, komprehensif, real-time, dan mudah dalam aksesnya. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk melakukan pemantauan dan pengendalian atas proses bisnis yang ada. Disamping itu, sistem ERP juga akan memberikan wawasan yang luas kepada seorang kepala gudang, kepala Bursa dan DC atau sebagai decision-maker, sehingga dapat melakukan berbagai prediksi dan pengambilan keputusan yang akurat.

 

  1. Menyederhanakan proses bisnis

 

Sistem ERP membantu sebuah perusahaan kita untuk menyederhanakan proses bisnis pada masing masing unit bisnis yang ada saat ini. Dengan demikian akan memastikan alur kerja dapat berjalan secara baik dan komunikasi antar departemen menjadi lebih baik. Fungsi otomatisasi dalam sistem ERP menjamin aliran informasi tersampaikan dengan jelas dan bebas dari kesalahan, sehingga proses bisnis menjadi lebih sederhana dan responsif.

Best-practise yang telah tertanam pada aplikasi ERP ini merupakan sistem dapat memberikan contoh operasional yang lebih baik dan lebih mudah.

 

  1. Meningkatkan efisiensi karyawan

 

Sistem ERP akan menampilkan kepada karyawan informasi-informasi akurat yang dibutuhkan secara langsung, sehingga karyawan tidak perlu lagi membuang-buang waktu untuk mencari-cari informasi sendiri, karyawan dapat fokus pada tugas utamanya, dengan demikian diharapkan kualitas dan produktifitas kerja akan meningkat. Meningkatnya kemampuan dalam pengambilan keputusan dan kemudahan untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan akan meningkatkan kreatifitas karyawan dan memperbaiki pola kerja pada perusahaan kita menjadi lebih efisien dan produktif.

 

  1. Ekosistem perusahaan yang terintegrasi

 

Agar perusahaan kita dapat berjalan secara terpadu / terintegrasi yaitu apabila kinerja seluruh stakeholder dapat diselaraskan antara satu dengan yang lainnya sesuai kebutuhan masing-masing demi mencapai tujuan yang sama. Sistem ERP dapat menyatukan semua unit dalam ekosistem perusahaan : mitra bisnis, fungsi-fungsi pendukung, vendor dan pelanggan. Dan kemampuan yang baik dalam menselaraskan beragam unit-unit dalam ekosistem tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

 

  1. Siap menghadapi masa depan

 

Sistem ERP menjadikan perusahaan kita yang sedang berkembang memiliki fleksibilitas untuk beradaptasi dengan kebutuhan-kebutuhan di masa depan. Integrasi, kinerja, dan alur informasi yang berjalan dengan lebih baik dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pengendalian sehingga mereka siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang.

 

Sistem ERP dapat meningkatkan potensi dan membantu kinerja perusahaan menjadi lebih baik hanya ketika ada restrukturisasi yang sesuai dengan karakteristik perusahaan. Ini berarti perusahaan perlu meninggalkan sistem yang lama, mengubah struktur operasional, dan mengelola perubahan. Manajemen proyek yang baik adalah kunci sukses dalam mengimplementasi ERP. Begitu hal ini telah dilaksanakan, ERP benar-benar akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Sedikit mengenai Odoo

 

Lahirnya Odoo

Setelah menggoncang pasar ERP, OpenERP bergerak jauh melampaui batas-batas pemain ERP tradisional. Integrasi kegiatan usaha tidak lagi terbatas pada penjualan, akuntansi, persediaan dan pengadaan. Pada Juni 2014, kami meluncurkan versi 8 dengan CMS mengagumkan & eCommerce, Point of Sale, mesin Business Intelligence yang terintegrasi dan banyak lagi. (dan 3000 + modul)

Teknologi kami yang luar biasa memungkinkan kami untuk pindah ke pasar baru (CMS & eCommerce) dan menawarkan produk yang menggoncang pemain open source yang ada (WordPress, Magento, dll). OpenERP CMS begitu baik sehingga bahkan kompetitor utama kami mengakuinya secara terbuka ketika kami merilis versi beta.

Jika pemain open source saat ini memiliki tantangan teknis yang nyata untuk mengikuti kami, kami juga memiliki tantangan pemasaran yang besar. WordPress memiliki 22% dari semua situs web internet. Kami adalah pemimpin dalam perangkat lunak manajemen, tapi kami mulai dengan 0% dari pasar web-sites.

Untuk maju, kami menggalang dana USD 10 juta pada Mei 2014 dalam rangka untuk meningkatkan kegiatan pemasaran dan penjualan. Dalam rangka mendukung visi kami, kami harus mengubah nama yang tidak terbatas pada fungsi ERP. Kami membutuhkan nama yang memungkinkan untuk mendukung ambisi kami; membangun solusi bisnis seperti CMS, eCommerce, Business Intelligence dan, siapa tahu, bahkan roket langit atau mobil tanpa pengemudi di masa depan …

Pada bulan Mei 2014, kami mengubah nama perusahaan dan produk menjadi Odoo. Dan kisah baru sudah dimulai …

 

Fabien Pinckaers
Odoo Founder & CEO

 

 

OpenERP atau Odoo adalah paket aplikasi bisnis open-source ditulis dengan Python dan dirilis di bawah lisensi AGPL. Digunakan oleh 2 juta pengguna di seluruh dunia [sumber pihak ketiga diperlukan] untuk mengelola perusahaan dari semua ukuran yang berbeda. Komponen utamanya adalah server, 260 modul inti (juga disebut modul resmi) dan sekitar 4.000 modul komunitas.

Odoo atau lebih dikenal sebagai OpenERP sampai Mei 2014. Namanya di ganti karena pada versi 8 menyertakan aplikasi termasuk website builder, e-commerce, point of sale dan bisnis intelijen. Perangkat lunak ini sesuai dengan harapan standar sistem ERP, sambil memberikan modul tambahan di luar cakupan sistem ERP tradisional.

 

 

Aplikasi Odoo diatur dalam 6 kelompok:

  • Front-end apps: website builder, blog, e-commerce
  • Sales management apps: CRM, point of sales, quotation builder
  • Business operations apps: project management, inventory, manufacturing, accounting and purchase
  • Marketing apps: mass mailing, lead automation, events, survey, forum, live chat
  • Human Resources apps: employee directory, enterprise social network, leaves management, timesheet, fleet management
  • Productivity apps: business intelligence, instant messaging, notes

Perangkat lunak ini secara aktif diprogram, didukung, dan diselenggarakan oleh OpenERP SA. Odoo mirip dengan banyak proyek open source di mana customize programming, dukungan, dan layanan lainnya juga disediakan oleh sebuah komunitas global yang aktif dan jaringan 500 mitra resmi.

Official application yang ada pada OpenERP/Odoo:

  • Sales Management
  • Purchase Management
  • Customer Relationship Management
  • Project Management
  • Warehouse Management
  • Manufacturing
  • Accounting & Finance
  • Content Management
  • E-commerce
  • Asset Management
  • Human Resource Management
  • Fleet Management
  • Event Management
  • Social Network
  • Point of Sale
  • Knowledge and Document Management
  • Calendar
  • Expense Management
  • Time Tracking
  • Employee Appraisals
  • Manufacturing Resource Planning
  • Portal
  • Employee Directory
  • Address Book
  • Recruitment Process
  • Payroll Management

 

 

Arsitektur
Odoo menggunakan Service Oriented Architecture sebagai pola desain arsitektur perangkat lunak.

Arsitektur Aplikasi Web
Versi terbaru dari Odoo (termasuk versi 7) sebagian besar diimplementasikan sebagai aplikasi web. Odoo termasuk aplikasi server / server web (dikenal sebagai Odoo Server) yang berfokus pada logika bisnis ERP, menyimpan data melalui antarmuka dengan database, dan web client untuk akses web browser. Bagian server dan logika bisnis dari Odoo ditulis dalam bahasa pemrograman Python. Aplikasi web ditulis dalam JavaScript.

Modul-Modul
Fitur bisnis yang disusun dalam modul-modul. Modul adalah folder dengan yang strukturnya telah ditetapkan yang berisi kode XML dan Python file. Sebuah modul mendefinisikan struktur data, form, laporan, menu, prosedur, alur kerja, dll … Modul juga dapat mengandung komponen web yang ditulis dalam JavaScript.

Database
Odoo menggunakan PostgreSQL sebagai database management system.

Source code dan kontribusi
Kode sumber Odoo di-host di layanan proyek GitHub hosting, Git distributed revision control system. Dokumentasi dipublikasikan di situs web yang terpisah.

Lingkungan Pengembangan
Pengembangan modul bergantung pada file Python dan file XML. Beberapa logika aplikasi (yaitu alur kerja dan struktur data) dapat diubah melalui antarmuka klien menggunakan mode pengembang.

Kelebihan Odoo

  1. Akses informasi yang dapat dipercaya
  2. Multi platform bisa menggunakan sistem operasi windows, MacOS, Linux, dan Android
  3. Menghindari redudansi dari pemasukan data dan operasi
  4. Mengurangi waktu jeda waktu penampilan informasi dan laporan
  5. Pengurangan biaya, penghematan waktu, dan peningkatan kontrol dengan analisis skala enterprise
  6. Modul lengkap dan saling terintegrasi

Kelemahan odoo

  1. Program aplikasi Odoo banyak memberikan pilihan konfigurasi, hal ini menyulitkan untuk menentukan cara tertentu/terbaik
  2. Odoo dikembangkan oleh komunitas, maka setiap saat program ini banyak mengalami perubahan dan perbaikan
  3. tinyERP /Odoo yang dikembangkakn dengan bahasa pemograman Phyton komunitasnya belum banyak sehingga kalau ada masalah sulit mencari informasi.

Leave a Comment