Memilih Jenis Kain Ihram yang Tepat untuk Ibadah Umroh

Ihram merupakan salah satu kewajiban haji. Ihram dilaksanakan sebelum Anda memasuki kota Makkah. Agar ibadah menjadi lebih khusyu’ dan nyaman, penting sekali untuk memilih jenis kain ihram yang tepat. Namun, sebelum memilih jenis kain apa yang nyaman untuk dikenakan. Ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis-jenis kain ihram tersebut. Agar bisa disesuaikan dengan kondisi cuaca di Arab Saudi.

Kenapa harus disesuaikan? Karena Arab Saudi memiliki jenis iklim yang berbeda.

Sebagai negara yang memiliki cuaca ekstrem, suhu di Arab Saudi pada musim panas bisa mencapai hingga 40͒C atau lebih. Ini tentunya bisa membuat para jamaah yang tengah menunaikan umroh berkeringat hingga mengakibatkan dehidrasi.

Lain halnya pada musim dingin, suhu bisa mencapai 17͒C bahkan kurang dari itu. Nah, bagi warga Indonesia yang terbiasa hidup di negara tropis, perbedaan ini tentunya akan berpengaruh pada suhu tubuh dan akhirnya berdampak pada gangguan kesehatan.

Pada bulan november hingga Februari, udara berada pada suhu dingin mencapai 8°C sedangkan pada siang hari berkisar antara 38°C – 42°C.

Kemudian dari bulan Mei hingga September, musim panas akan menguasai Arab Saudi dan ganti sianglah yang muncul lebih panjang.

Untuk menghindari ketidaknyamanan selama beribadah, akan lebih baik jika persiapan dilakukan mulai dari pemilihan ihram. Berikut BursaSajadah akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis kain ihram yang bisa Anda gunakan ketika beribadah umroh.

1. Bahan Handuk (Towel)

Jenis kain handuk akhir-akhir ini diminati banyak calon jamaah. Bahannya yang mampu menyerap keringat dengan baik, bisa membantu para jamaah beribadah dengan nyaman. Selain itu, serat dari bahan ini juga lembut dan bisa melindungi tubuh dari dingin juga panas.

2. Bahan Katun

Bahan katun juga menjadi salah satu jenis kain yang paling diminati karena bahannya yang tetap nyaman digunakan walaupun saat cuaca panas, dan juga mudah menyerap keringat.

3. Bahan Poliester

Sedikit mirip dengan kartun, hanya saja jenis kain ini masih dibawah kualitas katun. Bahan poliester tidak bisa menyerap keringat dengan baik, tetapi cepat kering dan tidak mudah kusut.

Itulah jenis-jenis kain ihram  yang umum dipakai ketika ihram. Selain harus memilih jenisnya serta bahannya yang bagus, nyatanya menjaga keawetan warnanya juga sangat penting. Terutama jika berwarna putih, kalau sudah kotor nantinya akan sulit dibersihkan.

Dari ketiga penjelasan di atas, kain jenis poliester bisa diandalkan agar tubuh tetap hangat sehingga cocok dikenakan saat udara dingin. Sedangkan ketika udara panas, jenis kain berbahan katunlah yang akan sangat membantu karena sifatnya yang menyerap keringat dan sejuk di kulit.

Nah, bicara soal kain ihram, Bursa Sajadah juga punya lho beberapa jenis kain ihram yang bisa Anda gunakan untuk menunaikan ibadah umroh.

Daripada bingung harus beli dimana atau capek mencari dari satu toko ke toko yang lain. Lebih baik belanja saja di bursasajadah.com. Hanya bermodalkan jari, cukup duduk manis Anda sudah bisa mendapatkan barang yang diinginkan.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera beli kebutuhan umroh kamu hanya di bursasajadah.com

Leave a Comment