manfaat-habbatussauda

Manfaat Habbatussauda untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Jintam hitam atau biasa dikenal dengan habbatussauda adalah salah satu tanaman herbal yang cukup populer di seluruh dunia. Dalam bahasa latin habbatussauda disebut Nigella sativa, selain digunakan sebagai bumbu penyedap makanan, sejumlah penelitian telah mengungkapkan manfaat habbatussauda untuk mengatasi berbagai penyakit.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat habbatussauda untuk mengatasi berbagai penyakit

1. Mengobati kolesterol tinggi

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh. Namun jika berlebihan, dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti stroke dan penyakit jantung. Beberapa studi menunjukkan bahwa jintan hitam dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik. Akan tetapi, efek penyeimbang kolesterol dari habbatussauda ini hanya muncul pada mereka yang punya kolesterol tinggi ringan, manfaat yang sama tidak ditemukan pada orang-orang yang punya kadar kolesterol normal.

2. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian dari Shahrekord University of Medical Sciences di Iran melaporkan bahwa konsumsi pil ekstrak habbatussauda setiap hari selama dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan. Ditambah lagi, tidak ada komplikasi yang disebabkan oleh habbatussauda terhadap kesehatan partisipan penelitian tersebut.

Temuan ini diperoleh setelah melakukan uji coba pada tiga kelompok terpisah yang kesemua anggotanya memiliki hipertensi ringan — dua kelompok pertama diberikan pil ekstrak habbatus sauda dosis 100 mg dan 200 mg, sementara kelompok ketiga diperi plasebo (pil kosong) yang diminum rutin dua kali sehari. Setelah delapan minggu, nilai tekanan darah sistolik dan diastolik pada dua kelompok peminum ekstrak habbatus sauda ditemukan menurun dibandingkan mereka yang minum pil kosong. Namun demikian, penurunannya termasuk kecil, yaitu hanya berkisar 1-3 mmHg.

3. Meningkatkan fungsi hati

Senyawa thymoquinone yang terkandung dalam habbatussauda mampu melindungi hati dari kerusakan melalui mekanisme yang berbeda, termasuk penghambatan peroksidasi lipid yang dipicu oleh katalis besi, peningkatkan aktivitas quinone reduktase, tingkat glutathione, peningkatan kadar tiol total, katalase, superoksida dismutase dan glutathione transferase.

4. Cegah tukak lambung

Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada dinding lambung akibat terkikis oleh asam. Nah menurut studi di Journal of College of Physicians and Surgeons Pakistan 2011 konsumsi habbatussauda bisa bermanfaat melindungi dinding lambung mencegah terjadinya luka.

Tes pada 83 persen tikus laboratorium bahkan menunjukkan habbatussauda membantu proses penyembuhan luka.

5.  Melawan kanker

Habbatusauda mengandung senyawa antioksidan etanol yang diketahui dapat menghambat keganasan sel kanker dan perkembangannya seiring waktu pada tikus lab. Etanol ditemukan menghasilkan sekitar 80 persen efek perlindungan terhadap stres oksidatif dalam tubuh. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh dapat membuat tubuh mengalami stres oksidatif, yang memicu berbagai kerusakan sel dalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit kronis, termasuk kanker.

6. Melawan infeksi

Habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Hal ini dibuktikan dari suatu penelitian yang menunjukkan bahwa obat herba ini mampu membasmi virus penyebab hepatitis C, HIV, dan flu. Habbatussauda pun terlihat dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga dianggap mampu melawan infeksi.

7. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa habbatussauda adalah salah satu solusi alami dalam menurunkan berat badan. Sedangkan tinjauan dan meta-analisis lainnya mengungkapkan hal yang sama di mana suplemen habbatussauda telah terbukti menurunkan berat bedan.

8. Cegah jerawat

Ramuan minyak habbatussauda dan jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk mencegah jerawat timbul. Hal ini karena habbatussauda disebut oleh beberapa penelitian punya sifat kuat untuk meredakan peradangan atau inflamasi.

Nah, untuk Sahabat yang memiliki gangguan jerawat maka Habbatussauda cocok banget untuk dicoba. Gunakan ramuan minyak habbatussauda untuk mengatasi jerawat dengan mengoleskannya di kulit dua kali sehari.

Sayangnya, berbagai studi penelitian terkait manfaat habbatussauda untuk mengatasi berbagai penyakit sejauh ini masih terbatas pada studi berskala kecil. Artinya, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian secara klinis pada manusia untuk membuktikan kemanjuran jintan hitam sebagai obat.

Namun, untuk Sahabat yang ingin mencoba khasiat dari Habbatussauda ini bisa banget mendapatkan minuman satu ini dengan membelinya di Bursa Sajadah!

Silakan hubungi Customer Service kami untuk mendapatkannya

Leave a Comment