apricot

Tidak Hanya Enak, Ini 10 Manfaat Aprikot untuk Kesehatan Tubuh

Buah aprikot sering kita jumpai dalam bentuk buah kering atau biasa yang disebut dengan dry fruit. Buah satu ini terkadang juga dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang Haji atau Umrah. Aprikot terkenal kaya akan zat besi, kalium, kalsium, dan vitamin A, C, dan E. Dengan mengonsumsi satu cangkir buah aprikot kering, Anda akan mendapatkan 158 gram vitamin A.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah ini, tentunya baik untuk kesehatan tubuh. Nah, berikut ini adalah manfaat Aprikot untuk kesehatan tubuh.

1. Mengobati sembelit

Aprikot kaya serat sehingga cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menderita sembelit. Selain itu kandungan serat pada aprikot akan merangsang produksi cairan lambung dan memudahkan sistem pencernaan untuk menyerap nutrisi.

2. Menyehatkan mata

Karena aprikot tinggi akan vitamin A, dengan mengonsumsi buah satu ini tentu membantu untuk memperbaiki penglihatan hingga mencegah efek buruk dari radikal bebas yang biasanya menyerang sistem kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan kontrol glikemik dan diabetes

Aprikot mengandung phytochemical seperti asam fenolik, flavonoid, dan karotenoid. Ini, bersama dengan serat, bekerja untuk mengurangi risiko diabetes. Namun perlu diingat dengan ukuran porsi. Karena ukurannya yang kecil, Anda akan mudah untuk mengonsumsinya terlalu banyak dan menumpuk kalori yang tidak perlu.

4. Mencegah anemia

Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Seseorang yang mengalami anemia biasanya akan mudah merasa pusing. Banyak sekali obat-obatan dan buah-buahan yang dapat mencegah seseorang mengalami anemia. Salah satunya adalah buah aprikot. Buah aprikot kering merupakan sumber zat besi yang sangat baik untuk melawan penyakit anemia. Mengonsumsi buah aprikot dapat membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin yang berguna bagi wanita saat menstruasi.

Untuk itu maka konsumsilah aprikot sebagai salah satu solusi termudah agar anda terhindar dari penyakit anemia.

5. Memperkuat tulang

Kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, tembaga, mangan, dan fosfor dalam aprikot diperlukan untuk memperkuat tulang. Mengonsumsi buah ini setiap hari bisa mencegahmu dari osteoporosis.

6. Sebagai antioksidan

Selain mengandung vitamin A ternyata di dalam buah aprikot juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan ini sangatlah baik untuk tubuh dan diperlukan di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang cukup akan membantu anda untuk terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan karena kekurangan antioksidan di dalam tubuh.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan potasium dan sodium dalam aprikot memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh yang nantinya berguna untuk memperbaiki sistem metabolisme dan mencegah kram otot.

8. Mempercantik kulit

Buah aprikot mengandung vitamin A, vitamin C, dan fitonutrien. Semua nutrisi ini berguna untuk memperlambat proses penuaan dan mempercantik kulit.

9. Menurunkan berat badan

Setiap 100 gram aprikot mengandung 45 kalori dan serat. Tak heran jika konsumsi buah ini bisa membuatmu kenyang lebih lama yang nantinya berguna dalam proses menurunkan berat badan.

10. Digunakan untuk mengatasi dehidrasi

Aprikot mengandung mineral yang bisa membantu mengurangi dehidrasi pada seseorang. Dehidrasi merupakan penyakit kekurangan cairan sehingga Anda perlu melengkapi kebutuhan cairan yang terdapat di dalam tubuh Anda. Salah satu solusi termudah agar terhindar dari dehidrasi Anda dapat mengkonsumsi buah aprikot.

Itulah beberapa manfaat Aprikot untuk kesehatan tubuh. Yuk mulai mencoba buah satu ini dan rasakan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh Anda.

Belum memiliki buah satu ini? Tenang, Anda bisa mendapatkannya di Bursa Sajadah. Cukup klik di sini. Anda akan mudah mendapatkan buah Aprikot

Leave a Comment