Yuk Lebih Hemat Menggunakan Data Ponsel Saat Haji dengan Tips Ini

Para calon jemaah Haji asal Indonesia telah diberangkatkan ke Tanah Suci guna melaksanakan sejumlah rangkaian ibadah Haji pada tanggal 17 Agustus mendatang. Hal ini tentunya akan membuat para calon jemaah haji merindukan keluarga serta sanak saudara yang mereka tinggalkan.

Nah, untuk Anda yang tengah melaksanakan ibadah Haji namun ingin tetap memberikan kabar kepada keluarga di Indonesia, berikut 5 tips untuk lebih hemat menggunakan data ponsel saat haji yang dilansir dari cnnindonesia:

1. Menggunakan Aplikasi Hemat Data

Sejumlah platform media sosial banyak yang telah mengeluarkan aplikasi “ringan” guna memudahkan para pengguna internet lebih menghemat kuota data mereka dan juga tentunya mengurangi pemakaian memori ponsel yang memiliki penyimpana terbatas.

Seperti Google yang menawarkan beberapa aplikasi ringan seperti Google Go, Gmail Go, Files Go, Youtube Go, Google Maps Go, dan Google Assitant Go. Lalu, ada Facebook Lite, Instagram Lite, Messenger Lite, Twitter Lite, dan Uber Lite.

2. Matikan Koneksi Internet Ketika tidak Dibutuhkan

Matikan koneksi internet ketika tidak dibutuhkan merupakan cara yang cukup efektif saat Anda tidak sedang menggunakan internet. Anda bisa memanfaatkan jaringan WiFi ketika ingin mendokumentasikan momen Anda selama berada di Tanah Suci untuk dibagikan kepada sanak keluarga. Dengan begitu, kuota Anda akan lebih hemat.

3. Membatasi Penggunaan Aplikasi

Penggunaan aplikasi yang terlalu banyak tentu tidak hanya akan menguras baterai ponsel Anda, namun juga kuota internet Anda. Maka dari itu Anda bisa menghapus atauminimal mematikan aplikasi tersebut sementara ketika tidak dibutuhkan. Anda bisa mengaktifkannya kembali jika benar-benar dibutuhkan. Salah satunya adalah aplikasi Maps.

Maps menjadi salah satu aplikasi yang cukup penting ketika Anda ingin mengunjungi beberapa tempat di kota Mekkah sebagai petunjuk jalan. Namun, jika Anda tidak sedang membutuhkannya Anda bisa mematikan aplikasi sementara atau mengubahnya menjadi mode offline. Dengan begitu tidak hanya baterai ponsel saja yang hemat, kuota internet Anda pun hemat.

4. Matikan Fitur Auto-Sync

Ketika fitur otomatis sinkronisasi berjalan, maka akan menguras cukup banyak data. Sehingga, Anda perlu mengontrolnya dengan menonaktifkan fitur ini. Biasanya, Google akan selalu memperbarui aplikasi dan menyinkronkan apa yang ada di dalam perangkat ponsel Anda ketika fitur ini tetap aktif. Maka baiknya, fitur ini dimatikan dan bisa dinyalahkan sewaktu-waktu Anda membutuhkannya.

5. Gunakan Fitur Penghemat Data

Saat ini pengembang aplikasi menawarkan sejumlah fitur penghemat data seperti UC Browser, Opera Mini, Google Chrome dan lainnya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda dapat mencari layanan data saver.

Leave a Comment