kurma safawi

Kurma Safawi, Kurma Terbaik dari Madinah yang Banyak Khasiatnya

Kurma tidak bisa dipisahkan dari oleh-oleh haji. Ia menjadi salah satu yang paling digemari dan dinanti. Dari beragam jenis kurma, kita mengenal beberapa nama, salah satunya adalah kurma safawi, kurma asal Madinah yang disukai karena memiliki banyak manfaat.

Kurma safawi berwarna lebih hitam, berdaging tebal, kaya vitamin dan mineral, serta bercita rasa manis yang bikin ketagihan. Tekstur dagingnya lembut, kenyal dan tidak banyak serat, kering di luar namun lembab di bagian dalam sehingga cocok dinikmati segala usia. Kurma safawi banyak dibudidayakan di Madinah dan dikenal mampu menyembuhkan banyak penyakit. Jika dimakan saat perut sedang kosong, kurma safawi dapat membunuh cacing serta bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan. Khasiat kurma safawi sudah diketahui sejak 1.400 tahun silam.

Lebih jauh tentang manfaat kurma safawi yang banyak mengandung kalsium, zat besi, serta nutrisi lain yang baik bagi kesehatan, ia bisa menangkal beberapa penyakit seperti menetralkan zat asam di dalam perut, mengurangi risiko terkena stroke, menjaga kesehatan mata, memperbaiki metabolisme lemak, membantu pertumbuhan tulang, menguatkan imun sehingga tahan terhadap infeksi, menenangkan sel-sel syaraf, dan merawat kesehatan kulit.

Bahkan, kurma safawi juga berguna untuk meningkatkan kesehatan pada ibu hamil hingga melancarkan proses persalinan. Kurma safawi tidak hanya lezat dimakan secara langsung, ia bisa dijadikan campuran jus, kue kering, makanan penutup, salad, atau hanya dengan merebusnya saja, maka ia berfungsi melancarkan saluran kencing. Selain itu, kurma safawi juga bisa mencegah terjadinya perdarahan pada perempuan saat melahirkan, mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti semula, dan melancarkan ASI. Kandungan magnesium pada kurma safawi sangat tinggi, sehingga ia juga obat yang baik bagi penyakit radang sendi, kardiovaskular, alzheimer, dan juga penyakit lain yang berkaitan dengan kesehatan inflamasi.

Sebagai tambahan, pakar kesehatan pun banyak menyarankan mengonsumsi kurma safawi saat berbuka puasa sebab ia banyak mengandung gula dan air—nutrisi pertama yang diperlukan oleh tubuh setelah berpuasa sehari penuh. Berkurangnya zat gula di dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pada tulang dan berkurangnya kadar air bisa menjadikan tubuh semakin lemah sehingga daya tahan tubuh melemah. Jika saat berbuka puasa Anda langsung mengonsumsi makanan berat, maka penyerapan zat gula oleh tubuh menjadi tidak optimal.

Dari banyaknya manfaat yang disebutkan, maka tak heran jika kurma safawi dianggap sebagai kurma terbaik di dunia yang berasal dari Madinah. Ia tumbuh subur di sana sebab pohon kurma safawi cenderung lebih produktif sehingga mudah dijumpai bila dibanding kurma ajwa.

Nah bagi Anda yang ingin menikmati kebaikan dari kurma safawi, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di cabang-cabang terdekat “Bursa Sajadah – Pusat Perlengkapan & Oleh-oleh Haji Umrah” yang tersebar di 8 kota besar di Indonesia. Selain kurma-kurma berkualitas, melalui konsep one stop shopping, Anda juga bisa berburu cinderamata khas Arab Saudi yang cocok dibagikan untuk sanak famili sepulang ibadah haji. Dengan kelengkapan dan kemudahan berbelanja, Bursa Sajadah membantu Anda untuk lebih khusyuk beribadah. Layanan belanja online pun tersedia di www.bursasajadah.com atau unduh aplikasi kami bagi pengguna Android maupun iOS. Semoga menjadi haji mabrur dan diberi kesehatan hingga kembali ke Tanah Air tercinta.

Leave a Comment