kurma

Kurma, Oleh-oleh Haji yang Tak Surut Digemari

Bicara tentang oleh-oleh haji, siapa pun pasti setuju jika kurma adalah menu utama. Beragam jenis kurma sangat kaya manfaat dan disukai oleh semua usia. Sebut saja kurma ajwa, kurma ambar, kurma safawi, kurma khudori, kurma medjool, kurma sukari, kurma madinah, kurma tunisia, kurma mashrook, kurma lulu, kurma sayer  dan lain sebagainya. Tak hanya dinikmati langsung, kurma juga nikmat dijadikan aneka kudapan dan olahan lain untuk keluarga tercinta. Tak heran, setiap ada kerabat yag baru pulang dari Tanah Suci, kurma adalah oleh-oleh yang paling dinanti.

Rupanya, beragam kurma tersebut tidak hanya didatangkan dari Timur Tengah seperti  Arab Saudi, Mesir, Palestina dan Tunisia  saja, tapi juga diimpor dari negeri ‘Paman Sam’, yakni kurma medjool asli Palestina yang dikemas dan dilabeli Amerika Serikat. Harganya berkisar Rp 220.000,- per kilonya.

Dari beragam jenis kurma yang telah disebutkan, kurma ajwa adalah jenis yang paling banyak diburu sebagai oleh-oleh haji. Kurma kegemaran Rasulullah ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dan harganya pun paling mahal dari jenis-jenis yang lain.

Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan kurma ajwa adalah diabetus mellitus, jantung, osteoporosis, masalah pencernaan, serta sebagai penangkal sihir. Tapi, jika membahas dari segi rasa, konon kurma sukari adalah yang paling lezat. Di Timur Tengah, kurma sukari diperuntukkan bagi kalangan raja serta keluarga kerajaan. Namun sayang, kurma sukari tidak selalu tersedia sebab hanya bisa dibeli di musim tertentu.

Kemudian, yang tak kalah diminati adalah kurma madinah dan tunisia. Keduanya pun banyak difavoritkan sebagai oleh-oleh untuk para kerabat. Kurma madinah cocok dibagikan untuk tetangga, teman, dan juga tamu-tamu lain yang datang ke rumah. Sementara kurma tunisia lebih cocok dibagikan untuk keluarga dekat dan sebagai suguhan di ruang tamu karena memiliki cita rasa yang lebih baik dan lebih mahal dibanding kurma madinah.

Meski dipengaruhi beragam pendapat, sebetulnya rasa kurma kembali pada selera masing-masing orang. Ada yang menyukai tekstur sedikit basah dengan rasa legit yang mewah, namun ada pula yang lebih suka tekstur kering dan tidak terlalu manis. Semua itu bisa Anda pilih sepuasnya untuk persiapan oleh-oleh bagi sanak keluarga atau Anda sendiri sepulang dari beribadah haji.

Kabar baiknya, Anda tak perlu lagi bersusah payah membawa kurma dari Arab Saudi yang bisa memenuhi bagasi. Anda cukup datang ke Bursa Sajadah – Pusat Perlengkapan & Oleh-oleh Perlengkapan Haji Umroh yang kini telah memiliki 10 cabang yang tersebar di 8 kota besar di Indonesia. Tak hanya itu, Anda juga bisa menghemat tenaga saat berbelanja di Bursa Sajadah dengan mengakses www.bursasajadah.com atau download aplikasi yang tersedia untuk Android dan iOs. Bursa Sajadah juga dapat dijangkau melalui media sosial dengan customer service yang siap melayani selama 24 jam non stop. Dengan konsep one stop shopping, Anda bisa berbelanja kurma-kurma berkualitas dengan harga terbaik serta oleh-oleh lain yang cocok diborong sebagai cindera mata khas Arab Saudi.

Leave a Comment