Kurma Ambar, Kurma dari Madinah yang Nikmat di Lidah

Kurma. Buah lezat kaya manfaat yang selalu jadi primadona bagi jemaah haji untuk dijadikan oleh-oleh sepulang dari Tanah Suci. Selain kaya akan vitamin, mineral, serat, kalsium, sulfur, zat besi, fosfor, serta kandungan baik lainnya, anjuran mengonsumsi buah kurma pun disebutkan dalam hadis sebab kurma merupakan buah kegemaran Nabi Muhammad SAW. Setiap berbuka puasa, Nabi Muhammad SAW tak lupa memakan buah kurma untuk mengembalikan kesegaran usai menahan haus dan lapar seharian.

Jenis kurma yang beredar di pasaran sangat beragam. Kita mengenal kurma ajwa, kurma medjool, kurma lulu, serta kurma lain yang memiliki tekstur berbeda-beda. Kurma ajwa berbentuk bulat, berwarna hitam pekat, dengan rasa yang tidak terlalu manis. Sementara kurma medjool asal Amerika Serikat ukurannya sangat besar dengan daging dan biji yang sedikit lengket satu sama lain. Ada pula kurma lulu, ‘saudara kembar’ kurma ajwa yang juga berbentuk bulat namun berwarna sedikit cokelat. Nah kali ini, kita akan berkenalan dengan kurma ambar, kurma asal Madinah yang tak kalah nikmat di lidah.

Dilihat dari bentuknya, kurma ambar hampir mirip seperti kurma medjool. Ukurannya besar dan warnanya pun sama. Tapi perbedaan akan Anda rasakan saat pertama kali menggigit daging buahnya. Kedua jenis kurma ini memiliki rasa yang beda.

Kurma ambar memang masih jarang beredar di pasaran dan banyak orang mengira ia sama dengan kurma medjool. Bedanya, kurma ambar asal Madinah memiliki daging buah dan biji yang sudah terpisah. Dari segi kualitas, kurma ambar berada di atas kurma medjool. Tentu karena hal tersebut, kurma ambar jadi lebih mahal jika dibandingkan kurma medjool, namun lebih murah dibanding kurma ajwa.

Dari segi rasa, kurma ambar memiliki rasa yang manis, daging buah yang lembut, serta biji berukuran kecil—sehingga pecinta kurma ambar sangat suka menjadikannya sebagai cemilan sehari-hari atau hidangan bagi tamu untuk melengkapi suguhan yang lain. Selain itu, kurma ambar cocok dijadikan buah tangan untuk orang-orang tercinta di segala usia.

Bagi Anda yang penasaran dengan kenikmatan kurma ambar sebagai oleh-oleh usai beribadah haji, Anda tak perlu repot membawanya dari Tanah Suci. Kunjungi cabang terdekat “Bursa Sajadah – Pusat Perlengkapan & Oleh-oleh Haji Umroh” yang tersebar di 8 kota besar di seluruh Indonesia. Segala jenis kurma berkualitas bisa Anda pilih sebagai hidangan dan oleh-oleh untuk sanak kerabat, serta tak ketinggalan cinderamata khas Arab Saudi yang lainnya. Dengan konsep one stop shopping, Bursa Sajadah dapat membantu Anda menyediakan segala perlengkapan haji yang Anda butuhkan.

Layanan online kami pun juga dapat Anda jumpai di www.bursasajadah.com serta unduh aplikasi kami yang tersedia bagi pengguna Android dan iOS. Customer service Bursa Sajadah dengan senang hati melayani Anda agar ibadah di Tanah Suci lebih lega.

Leave a Comment