read quran

Ingin Khatam Al Quran Selama Ramadhan? Intip Tipsnya Berikut Ini Sahabat!

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan, maka tak heran jika banyak umat Muslim berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya dengan berbagai amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah salah satunya dengan mengkhatamkan Al Quran. Namun, terkadang keinginan khatam seringkali hanyalah keinginan dikarenakan berbagai faktor, salah satunya faktor sibuk dan Malas. Agar rasa malas itu bisa hilang, tentunya harus ada kemauan serta usaha keras agar khatam Al Quran dapat terwujud.

Nah untuk Sahabat yang ingin khatam Al Quran selama Ramadhan, cek tipsnya berikut ini!

1. Al Quran Itu Terdiri 30 Juz yang berarti 600 halaman, Maka Bacalah 2 Lembar Usai Shalat

Al Quran terdiri 30 juz yang artinya berjumlah 600 halaman
600 halaman : 30 hari = 20 halaman/hari
20 halaman (10 lembar): 5 (waktu sholat fardhu) = 4 halaman (2 lembar) bisa dibaca satu lembar sebelum shalat, satu lembar setelah shalat.
1 hari bisa 1 juz yang didapatkan, sebulan bisa dapat 30 juz.

2. Awal Puasa Biasanya Penuh Semangat, Maka Tabunglah Bacaan Al Quran di Awal

Biasanya nih awal-awal puasa umat muslim masih semangat-semangatnya melakukan kebaikan dan mengendur di tengah lalu kembali semangat di akhir Ramadhan. Nah untuk bisa mengkhatam Al Quran dengan baik, maka manfaatkanlah waktu di awal-awal puasa. Menabunglah sebanyak mungkin di hari-hari awal tersebut.

3. Untuk Perempuan Jangan Lupa Perhatikan Tanggal Menstruasi Karena Bisa Mengurangi Jatah Hari Membaca

Untuk para wanita, Anda harus bisa menghitung berapa lama Anda menstruasi agar ketika belum menstruasi, Anda bisa menabung beberapa juz. Triknya, luangkan waktu khusus menabung juz Al Quran sejumlah hari yang sekiranya akan Anda tinggalkan selama menstruasi.

4. Belilah Al Quran kecil yang Mudah dibawa

Biasanya karena kesibukan yang cukup padat, akhirnya membuat keinginan untuk khatam Al Quran terancam gagal. Padahal semua itu bisa Anda atasi hanya dengan membawa Al Quran lho. Ribet? Pakai Al Quran kecil saja. Belilah yang berukuran 9 x 6 cm. Nggak berat, nggak ribet dan yang terpenting hurufnya masih bisa terbaca oleh mata. Anda pun bisa membacanya ketika waktumu telah luang. Insya Allah keinginan khatam bisa terwujud.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa khatam Al Quran di bulan Ramadhan nanti. Semoga Allah mudahkan keinginan untuk khatam Al Quran di bulan Ramadhan nanti ya Sahabat.

Leave a Comment