shopback.co.id

10 Jenis Kurma yang Paling Digemari Hingga Seluruh Dunia

Kurma menjadi salah satu oleh-oleh haji dan umroh yang paling diminati para jamaah. Mereka tak pernah melewatkan kurma untuk dijadikan oleh-oleh andalan yang akan dibagikan kepada sanak saudara, kerabat, maupun orang-orang terdekat lainnya. Rasanya yang manis dan memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh menjadikan buah ini menjadi salah satu oleh-oleh “wajib” untuk dibawa ke tanah air.

Nah dari sekian banyak kurma, berikut ini adalah jenis kurma yang paling digemari. Bahkan sampai dunia juga lho.

1. Thoory

Kurma yang satu ini sering juga disebut Thuri dan sangat populer di Aljazair. Buah ini biasanya kering berwarna cokelat kemerahan dan akan berubah menjadi kebiru-biruan saat diawetkan.

Selain itu, kulit dari buah ini sangat keriput, dagingnya agak keras, rasanya manis dan sedikit rasa kacang. Kurma ini cukup tahan lama saat di simpan dan Anda juga bisa menemukan kurma ini dengan mudah di Indonesia.

2. Khidri

Kurma yang satu ini paling sering digunakan sebagai kurma olahan yang diberi isian cokelat, almond dan sebagainya. Berwarna merah tua, tekstur buah ini kering dan kenyal. Rasanya pun tidak terlalu manis sehingga cocok dikombinasikan dengan berbagai macam cita rasa.

3. Amer Hajj

Disebut juga dengan Amer Hajj, varietas kurma ini juga terkenal di Irak. Memiliki daging yang tebal, bertekstur lembut, dan berkulit tipis, kurma ini umumnya sering dijadikan oleh warga Irak sebagai sajian untuk tamu yang bertamu ke rumah mereka.

4. Ajwa

Kurma ini sering juga disebut dengan kurma Nabi karena kurma ini merupakan kurma yang ditanam langsung oleh Nabi. Berwarna hitam gelap, kurma yang hanya tumbuh di kota Madinah ini bertekstur lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis dan menyerupai kismis. Selain itu, berdasarkan sebuah hadist yang menjelaskan bahwa kurma Ajwa bisa mengatasi racun dan sihir.

5. Zaghloul

Kurma Zaghloul berwarna gelap serta berbentuk lonjong menyerupai melinjo. Biasanya kurma ini disajikan sangat garing. Keistimewaan dari kurma ini adalah karena kurma ini memiliki rasa manis yang tak habis-habis bahkan setelah dimakan.

Selain itu kurma Zaghloul merupakan varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.

6. Sekkeri

Meskipun berwarna cokelat gelap, kurma satu ini memiliki daging buah yang begitu lembut dan cita rasa manis yang khas. Hal inilah yang membuat kurma ini cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

7. Mozafati

Kurma Mozafati (atau Mazafati) adalah jenis kurma yang berwarna gelap berdaging tebal, lembut dan lezat. Kurma ini tergolong berukuran sedang dengan cita rasa yang tidak terlalu manis. Dagingnya yang tebal dan lembut membuat Anda tidak perlu repot-repot mengunyahnya, seakan-akan lumer di mulut. Meskipun lembut, dagingnya tidak terlalu lengket sehingga tak mudah menyangkut di gigi.

Sebagian besar kurma ini tumbuh di Provinsi Kerman, Iran. Biasanya masyarakat setempat mengonsumsinya ketika masih segar. Walaupun begitu, jika disimpan pada suhu minus lima derajat Celsius, kurma jenis ini dapat disimpan hingga dua tahun. 

8. Deglet Noor

Kurma Deglet Noor atau disebut juga kurma Tunisia merupakan varietas unggul yang sangat populer di Libya, Tunisia Algeria, Amerika dan juga banyak negara-negara Mediterranean seperti Iran. Kurma ini memiliki warna daging cokelat muda namun lebih terang dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

Untuk tekstur dan rasanya, kurma jenis ini memiliki rasa manis yang pas, tidak berlebihan namun legit dan lezat. Selain itu, teksturnya yang semi kering membuatnya tidak lengket di tangan ketika dimakan langsung. Kurma ini juga cocok untuk berbagai olahan kue.

9. Sekki

Berbeda dengan kurma yang lainnya, kurma yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu di bagian atasnya berwarna kekuning-kuningan, sementara di bagian bawahnya berwarna coklat-kecoklatan.

Daging yang berwarna kekuningan memiliki tekstur sedikit lebih keras dibandingkan dengan bagian kecokelatan yang lebih empuk dan kenyal. Rasa dari kurma Sekki ini tidak terlalu manis dan tidak tawar.

10. Khalasah

Kurma Khalasah merupakan salah satu varietas kurma yang populer di Arab Saudi, tepatnya banyak tumbuh di bagian timur Arab Saudi, di Huffuf dan Qatif. Kurma ini seringkali disebut dengnan Khlas. Teksture kurma ini semi kering dengan warna cokelat tua keemasan, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Rasanya juga tidak terlalu manis, pas.

Selain dapat dimakan langsung, kurma Khalasah juga bisa ditambahkan di berbagai olahan makanan seperti kue dan es krim.

Itulah beberapa jenis kurma terkenal di berbagai dunia yang bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh haji dan umroh. Kalau Anda ingin membeli kurma-kurma jenis lainnya, nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Bursa Sajadah menyediakan jenis kurma lainnya yang tak kalah manis, dengan diskon pula.

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera dapatkan kurma-kurma tersebut hanya dengan klik  di sini

Leave a Comment