WhatsApp Image 2018-10-02 at 13.13.33

Hari Batik Nasional : Kenali Sejarahnya, Dapatkan Promonya!

Sahabat Bursa Sajadah, tentunya kita semua sudah mengetahui bahwa batik sudah sangat melekat sebagai jati diri negara kita yaitu Indonesia. Dengan segala keelokan dan keberagaman motifnya serta tersirat makna filosofis yang begitu kental dengan kebudayaan kita membuat batik semakin dikenal bahkan sampai ke skala internasional. Suatu pencapaian yang luar biasa tentunya bagi bangsa Indonesia untuk tetap dapat melestarikan kebudayaan nenek moyang kita.

Seiring berjalannya waktu, motif dan macam batik kian beragam. Motif-motif batik sendiri tercipta dari ornamen-ornamen kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia yang tentunya hal ini membuat batik khas dan sangat kental dengan kebudayaan Indonesia yang sangat indah dan luwes.

Dengan semakin berkembang dan melesatnya eksistensi batik di dalam negeri maupun di luar negeri maka setiap tanggal 2 Oktober kita memperingati Hari Batik Nasional. Dilansir dari wikipedia seperti yang kita ketahui, Batik telah mendapat pengakuan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO (badan khusus PBB yang membidangi Pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan). tepatnya Pada 2 Oktober 2009, UNESCO memasukkan batik dalam daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Penetapan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional sendiri telah tercantum dalam Kepres (Keputusan Presiden) Nomor 33 Tahun 2009.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Lebih dari itu, bahkan dalam situs Wikipedia, tanggal tersebut bukan hanya diperingati sebagai Hari Batik Nasional, UNESCO juga menetapkan tanggal tersebut (2 Oktober) sebagai Hari Batik Sedunia.

Penetapan Hari Batik Nasional juga sebagai usaha pemerintah dalam meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif indonesia di forum internasional. Karena pengakuan terhadap batik sebagai warisan leluhur bangsa indonesia sama hal nya dengan pengakuan dunia internasional terhadap mata budaya Indonesia. Tujuan lain dari pengakuan batik sebagai warisan leluhur indonesia adalah untuk menumbuhkan kecintaan serta rasa bangga masyarakat indonesia terhadap kebudayaan bangsanya.

Dalam situs resmi UNESCO ditulis bahwa Batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, alam, kebudayaan lokal dan sejarah itu sendiri. Batik merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Batik dipercaya menjadi bagian penting yang tak terpisahkan pada masyarakat Indonesia sejak ia lahir hingga meninggal. Karena Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia, khususnya Jawa, yang sampai saat ini masih ada.

Kini, batik tak hanya dibuat dalam bentuk kain saja namun seiring perkembangan zaman motif-motif batik kini sudah mudah kita temukan dalam bentuk lain seperti tas, sandal, maupun perlengkapan shalat seperti mukena dan sajadah.

Setelah mengetahui dan mengenal sejarah singkat dari Hari Batik Nasional, kini waktunya Bursa Sajadah hadir juga untuk Sahabat dalam rangka mengapresiasi kebanggaan kami kepada batik sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia. Bursa Sajadah hadir di hari yang  istimewa ini khusus untuk Sahabat dengan produk Sajadah Etnika yang merupakan sajadah dengan motif batik khas dari berbagai daerah di Indonesia berbahan polyester yang memiliki tekstur lembut dan halus. Batik pattern-nya yang khas, membuat Sahabat tentunya semakin jatuh cinta. Tak hanya itu, Sajadah Etnika ini pun sangat mudah Sahabat dapatkan di Bursa Sajadah dengan promo istimewa diskon 20% yang tentunya dapat melengkapi koleksi sajadah Sahabat serta menambah semangat serta kekhusyuan dalam beribadah.

 Jadi, apa lagi yang perlu ditunggu?

Langsung saja kunjungi Bursa Sajadah untuk berbelanja.

Leave a Comment