Jangan Asal! Begini Cara Mencuci Sarung yang Benar

Kain Sarung atau Sarung merupakan kain yang biasanya digunakan untuk ibadah umat muslim. Namun, sarung tak hanya dijadikan sebagai alat ibadah saja, ada juga yang menjadikan sarung sebagai selimut. Sarung memang bisa dikatakan sebagai kain multifungsi. Sehingga harus dirawat dengan benar supaya tidak sobek maupun warnanya menjadi pudar. Salah satu merawatnya adalah adalah dengan cara mencuci sarung yang benar.

Ternyata sarung ngga bisa lho dicuci sembarang. Ada beberapa cara mencuci sarung yang benar agar sarung tetap awet. Simak ya!

1. Sebaiknya cuci kering (dry clean)

Mau sarungmu tetap awet dan tidak pudar? Maka salah satu cara mencuci sarung yang benar adalah mencuci sarung dengan teknik kering alias dry clean. Hal ini tentu lebih praktis dan gampang tanpa menggunakan air. Biasanya dry clean tersedia kok di berbagai laundry.

2. Jangan pakai mesin cuci

Berniat mencuci sarung sendiri? Jika iya, maka janganlah mencuci sarung menggunakan mesin cuci. Hal ini agar sarungmu nggak rusak. Selain itu, cucilah sarung dengan air yang banyak dan tanpa detergen biar warnanya tetap awet. Perlu diingat juga jangan pernah sekali-kali mencuci sarung memakai air hujan karena tingkat asamnya tinggi.

3. Jangan cuci sarung bersamaan

Jangan sekali-kali mencoba untuk mencuci sarung secara bersamaan. Karena apa? Mencuci sarung bersamaan bisa bikin sarung kamu rusak lho. Jadi kalau mau aman, cucinya satu per satu ya. Selain itu, air bekas cucian sarung sebelumnya juga jangan dipakai kembali ya.

4. Jangan direndam

Punya sarung berbahan sutra? Jangan sekali-kali untuk merendamnya. Hal ini bisa bikin warna mulai memudar. Jadi, cara mencucinya yang benar kamu hanya perlu mencelup-celup dan mengangkatnya beberapa kali di air banyak.

5. Menjemur terpisah

Perhatikan juga saat kamu ingin menjemur sarung. Jangan sampai kain sarung menempel satu sama lain. Hal ini soalnya bisa bikin warna sarung kamu jadi bernoda. Tentu ngga mau kan sarung kesayanganmu jadi bernoda? Selain itu pastikan juga tempat untuk menjemur sarung teduh dan nggak terpapar langsung sinar matahari ya Sahabat!

Leave a Comment