Jangan Salah! Begini Cara Mencuci Mukena Parasut Agar Awet

Mukena merupakan salah satu perlengkapan ibadah yang wajib ada untuk menutup aurat wanita ketika tengah shalat. Mukena memiliki berbagai varian warna, model serta motif yang menarik. Tidak hanya itu saja, mukena juga memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, salah satunya mukena jenis parasut.  Mukena berbahan parasut ini sering banget dipilih karena bahannya sangat ringan dan bisa dilipat kecil agar memudahkan saat dibawa kemana-mana tanpa perlu memakan banyak tempat untuk menyimpannya.

Namun, memiliki mukena parasut ngga bisa sembarang mencucinya juga lho Sahabat. Sahabat harus tahu, ada cara mencuci mukena parasut agar awet. Mau tahu? Simak tipsnya yuk

Mencuci mukena berbahan parasut sebenarnya hampir sama dengan mencuci mukena jenis lainnya, tapi tetap harus hati-hati. Sahabat juga bisa mencuci mukena ini dengan mesin cuci, tapi jangan digabungkan dengan bahan kain lainnya karena bisa merusak bahan serta memudarkan warna.

Saat mencucinya pun hindari penggunaan bahan pemutih karena akan merusak serat kain. Untuk mengeringkannya ada baiknya hanya diangin-anginkan atau dikibas-kibaskan saja ya. Namun, jika kamu terburu-buru dan ingin menggunakan mesin, pilih pengaturan yang paling rendah panasnya dan segera keluarkan dari mesin ketika selesai. Hal ini karena kain parasut mudah kering, dan jika sangat kering bahan kain bisa menjadi bergelombang.

Nah, saat menjemur mukena, baiknya jangan terlalu lama terkena terik matahari karena nantinya bisa merusak serat kain parasut. Baiknya hindari di bawah sinar matahari langsung.

Agar kain lembut dan halus kamu juga disarankan menggunakan pelembut saat membilasnya Sahabat. Ketika Sahabat ingin menyetrika mukena, baiknya Mukena parasut disetrika hanya jika diperlukan saja ya, itu pun dengan panas rendah agar tidak merusak kain. Penting juga untuk Sahabat tahu, jangan sembarang menyimpan mukena parasutmu ya.  Simpanlah di tempat yang tidak lembab agar kainnya tetap awet. Usahakan pula untuk menyimpannya dengan digantung ya

Nah, Sahabat sudah tahu, kan cara mencuci mukena parasut agar awet? So, mulai sekarang jangan salah lagi menyimpan mukena parasutmu ya!

Leave a Comment