Biar Awet! Begini Cara Merawat Kerudung

Merawat hijab itu penting, apalagi untuk kamu yang berhijab dan memiliki banyak stok kerudung atau hijab untuk kebutuhan harianmu. Tentunya, kamu harus pintar dalam merawat kerudung-kerudungmu agar tetap awet dan terlihat bagus. Tapi sayangnya masih banyak orang yang tidak merawat kerudungnya dengan benar, sehingga kerudung menjadi cepat rusak dan tidak awet. Padahal cara merawat kerudung perlu diperhatikan agar kerudung tetap dalam kondisi yang baik walaupun sering digunakan.

Nah supaya kerudungmu tetap awet, yuk ikuti tips cara merawat kerudung di bawah ini!

1. Kenali bahan hijab tersebut

Hal pertama yang harus kamu tahu adalah kenali dulu bahan hijabmu. Apakah hijab milikmu terbuat dari bahan yang menyerap keringat atau tidak. Umumnya hijab yang kamu gunakan memiliki bahan paris, chiffon, rayon, viscose, atau payet. Bahan paris dan viscose biasanya menjadi bahan favorit untuk para hijabers. Selain murah, bahan paris juga tipis dan nyaman. Sementara viscose, dikenal lembut dan dingin dengan rajutan yang tampak mengkilap.

Selain itu kamu perlu mengecek label yang tertera pada kerudung. Biasanya disana terdapat aturan mencuci yang harus kamu pahami karena ada beberapa jenis bahan kerudung yang tidak boleh dicuci menggunakan detergen.

2. Jangan sembarang menyikat

Tidak semua bahan hijab bisa disikat ya Sahabat. Faktanya, ada beberapa jenis bahan kerudung yang sama sekali tidak boleh disikat atau tidak boleh dicuci dengan mesin cuci. Lebih baik kamu mencuci dengan tangan saja untuk menghindari rusaknya bahan hijabmu. Kamu bisa mengucek lembut.

Jika terdapat noda di hijabmu, cukup rendam saja dengan air sabun atau air hangat untuk menghilangkan noda tersebut. Jika kamu mencuci kerudung instan, bagian pet kerudung cukup dicelup dan tidak boleh dikucek.

Begitu pula jika hijab yang kamu cuci termasuk dalam hijab yang berpayet. Usahakan untuk tidak mengucek bagian hijab yang memiliki payet karena bisa melepas payet dan merusak kerudung.

3. Hindari merendam hijab terlalu lama

Hindari merendam hijab terlalu lama, apalagi jika hijabmu berbahan viscose. Kamu harus langsung mencuci dan menjemurnya ya.

Namun, kalo ingin merendam bisa juga merendam dengan air hangat kalau bahannya tebal, kalau yang tipis pakai air dingin saja merendamnya.

4. Hindari paparan sinar matahari langsung saat menjemur

Teriknya matahari di siang hari selalu dinilai sebagai waktu terbaik untuk menjemur pakaian karena disinyalir akan membuat pakaian menjadi lebih cepat kering. Padahal, faktanya paparan sinar matahari langsung bisa membuat warna kerudung menjadi pudar lho. Untuk mengatasinya, kamu bisa menjemur kerudungmu di tempat yang sejuk.

Kamu juga harus menghindari menjemur kerudung dengan posisi yang terlipat karena bisa meninggalkan bekas lipatan. Selain itu kerudung tidak boleh diperas terlalu keras karena dikhawatirkan bisa merusak benang pada kerudung.

5. Hindari menyetrika kerudung dengan suhu terlalu tinggi

Saat menyetrika, kamupun harus memperhatikan suhu setrikaan yang akan digunakan.  Jangan menyetrika kerudung dengan suhu yang terlalu tinggi. Menyetrika kerudung dengan suhu yang terlalu tinggi pada kerudung satin, dapat menyebabkan kerudung menjadi mudah sobek.

Sedangkan menyetrika kerudung berbahan kaos dengan suhu yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan kerudung menjadi melar dan tertarik. Kamu juga tidak boleh menyetrika bagian pet pada jilbab instan dengan suhu yang terlalu panas.

6. Kurangi pemakaian jarum pentul sebisa mungkin

Penggunaan jarum pentul saat ingin mengenakan hijab boleh saja, namun kamu harus tetap memperhatikan kualitas si jarum tersebut.

Jika ingin mengenakan jarum pentul, gunakan jarum yang tajam jangan berkarat karena itu bisa merusak hijabmu. Usahakan jangan menusuk berulang-ulang. Untuk bahan viscose, sebaiknya jangan gunakan jarum karena mudah sekali melebar lubangnya. Sementara untuk bahan rajut, jangan gunakan peniti karena mudah tersangkut.

7. Simpan hijab dengan benar

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menyimpan hijabmu. Kamu bisa melipat, menggulung ataupun menggantung kerudungmu. Cara menyimpan hijab terbaik adalah dengan menggantungnya agar tidak mudah kusut.

Jika tidak ada hanger, kamu bisa melipat hijab tanpa melipat bagian pet. Pisahkan hijabmu dari baju-baju lain agar tidak mudah kusut. Kamu juga bisa menggulung hijabmu tanpa merusak pet dan menyimpannya di tempat penyimpanan khusus.

Nah, semoga artikel cara merawat kerudung di atas bisa membantu ya Sahabat. Jangan sampai salah lagi merawat kerudungmu

Leave a Comment