13055591_1341655049181222_1839619934705562182_n

Bagaimana menjadi muslim yang produktif?

Menjadi seorang muslim yang baik, hendaknya harus selalu produktif dan bermanfaat bagi lingkungan.

Hal pertama yang harus di lakukan adalah kita harus selalu mengingat bahwa hidup dan mati adalah bagian dari kehidupan.
Tak ada satupun makhluk ciptaan Allah yang tidak akan mati. Sebagaimana yang tersebut dalam surat Al-Anbya : 35.”Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikannya. “ Dengan selalu mengingat hidup dan mati, maka kita akan lebih bijak dalam menggunakan waktu semasa hidup dengan melakukan amalan yang bermanfaat.

Menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.
Sebaik-baik petunjuk dalam meraih kebaikan di kehidupan adalah dengan menjadikan Al-Qur’an sebagai petunjuk dalam hidup. Semua petunjuk menuju seluruh kebaikan yang sudah di perintahkan Allah SWT terdapat di dalamnya.  Seperti yang sudah tersebut dalam surat Al-Baqarah : 2, “Kitab Al-Quran ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa.”

Ikuti Sunnah Rosul.
Mengikuti sunnah rasul adalah salah satu dari upaya menjadi muslim yang produktif dengan melakukan segala kebaikan yang telah di contohkan rasul. Dengan mengikuti anjuran-anjuran yang di contohkan Rosul, kita akan selalu berbuat yang menjuju pada kebaikan, termasuk Ibadan an amalan-amalan lainnnya. Seperti yang dituliskan di surat Al-Imran : 31, “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Bekerja dalam lingkungan orang-orang shaleh.
Dengan bergaul di lingkungan orang-orang shaleh, maka kita pun akan terbawa melakukan kebaikan-kebaikan dan menjadi terbiasa dengan melakukan amalan tersebut. Bergaul dengan orang-orang shaleh insyaallah akan selalu membawa kebaikan bagi hidup kita sebagai muslim. Seperti yang sudah di tuliskan dalam surat Az-zukhruf : 67, Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa”.

 

Sadar bahwa Allah memperhatikan.
Allah maha tahu segala yang ada di langit dan di bumi, maka hendaklah menjaga sikap dan perilaku dengan selalu melakukan amalan-amalan baik semasa hidup, termasuk menjadi produktif dalam melakukan hal-hal yang baik. Allah melihat, Allah menilai sekecil apapun perbuatan kita.  Sepeti yang di katakan di surat Az-zalzalah : 7, “Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”

Ingatlah semua perbuatan ada balasannya.
Allah akan memberikan ganjaran sesuai dengan apa yang di lakukan, jika beramal baik maka akan di balas oleh Allah dengan kebaikan, dan begitu pula sebaliknya. Seperti yang di katakan di surat At-tur : 16, “Masuklah kamu ke dalamnya (rasakanlah panas apinya), maka baik kamu bersabar atau tidak, sama saja bagimu; kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.”
Selalu Berterima Kasih
Jangan lupa berterima kasih terhadap apapun yang sudah kita terima, karena salah satu kunci utama menggapai kebahagiaan adalah dengan berterimakasih atau bersyukur.Bersyukur atas apa yang dimiliki adalah salah satu bentuk apresiasi kepada apa yang telah kita jalankan. Seperti yang di katakan dalam surat Luqman : 12, “Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

Milikilah Jiwa yang Pemaaf
Dengan selalu berbesar hati untuk selalu memaafkan, maka hati kita akan selalu tenang. Dengan begitu, kita akan lebih tenang ketika menjalani aktifitas di kehidupan kita tanpa beban sedikitpun.  Allah saja maha pemaaf, kita yang hanya manusia seharusnya bisa lebih rendah hati. Seperti yang di katakan di surat An-Nur : 22, “Dengan selalu berbesar hati untuk selalu memaafkan, maka hati kita akan selalu tenang. Allah saja maha pemaaf, kita yang hanya manusia seharusnya bisa lebih rendah hati.”
Selalu Belajar dan Berinovasi
Sebagai muslim yang produktif, kita harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu berinovasi demi kelanjutan hidup yang lebih baik. Jangan lupa ya, tetap mencari ilmu dengan berpegang pada pedoman Al-Qur’an. Sepeti yang di tuliskan di surat Taha : 114, “Maka Maha Tinggi Allah Raja yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa-gesa membaca Al-quran sebelum disempurnakan mewahyukannya kepadamu, dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.”

 

Sekian beberapa anjuran untuk menjadi muslim yang produktif dan selalu melakukan kebaikan di jalan Allah SWT. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment