Agar Tidak Rusak, Begini Cara Mencuci Kerudung yang Benar

Sebagai seorang hijabers, penting untuk merawat kerudung secara rutin agar tidak rusak. Mengingat kerudung dikenakan setiap harinya, tentu Sahabat harus benar-benar merawat kerudung tersebut dengan benar. Salah satunya adalah dengan mencuci kerudung tersebut.

Tak hanya sekedar cuci, bilas dan jemur saja, mencuci kerudung nyatanya juga ada aturannya lho Sahabat. 

Nah, agar kerudungmu tetap awet, berikut cara mencuci yang benar. Yuk disimak!

1. Usahakan Hindari Mencuci Kerudung dengan Mesin Cuci

Memang mencuci kerudung dengan mesin cuci tentu sangat praktis tanpa memerlukan tenaga Sahabat. Tapi tahu ngga sih mencuci dengan mesin cuci berpotensi merusak serat-serat kain kerudung lho!

Jadi baiknya cuci sendiri saja yuk Sahabat. Sahabat bisa mencucinya dengan direndam saja.

2. Pisahkan Kerudung Berwarna Terang dan Gelap

Saat merendam, pisahkan kerudung berwarna terang dengan yang gelap untuk menghindari luntur. Rendam kerudung selama kurang lebih 15 menit dengan air yang dicampur sedikit sabun cuci.

3. Kucek Perlahan

Selanjutnya, kucek perlahan kerudung yang Sahabat rendam hingga bersih kembali. Usahakan kucek kerudung menggunakan tangan. Jika ada bagian kerudung yang kotor terkena noda, Sahabat bisa gunakan sikat cuci perlahan saja pada bagian kotor tersebut. Jangan menyikat kerudung secara keseluruhan karena akan berdampak pada serat kain yang merenggang dan mengakibatkan kerudung mudah bolong dan sobek.

Selain itu, agar tidak terbebani saat mencucinya, jangan biarkan kerudung kotor menumpuk ya. Segera cuci ketika sudah kotor

4. Jangan Rendam Terlalu Lama 

Suka merendam kerudung terlalu lama? Jika iya, mulai sekarang Sahabat harus menghindari kebiasaan tersebut. Merendam  kerudung terlalu  lama bisa menyebabkan kerudung cepat rusak lho

Sahabat cukup merendamnya selama 5-15 menit saja ya!

5. Pilih Sabun yang Tepat

Punya kebiasaan mencuci kerudung dengan deterjen? Mulai sekarang, Sahabat harus menghilangkan kebiasaan tersebut kecuali pada jenis kerudung berbahan kaos. Sahabat dapat mengganti deterjen dengan  air sabun biasa untuk mencuci kerudung bahan lainnya agar tak mudah rusak. 

6. Hindari Penggunaan Jepitan Saat Menjemur

Menjemur menggunakan penjepit memang tidak akan membuat kerudung yang dijemur jatuh. Namun, hal ini wajib Sahabat hindari. Mengapa? Menggunakan jepitan akan berpotensi mengubah bentuk kerudung dan meninggalkan lekukan serta noda tipis. Yuk, mulai sekarang jemur kerudungmu dengan menggantungkan pada hanger berbahan plastik. 

Tapi ingat, jangan gunakan hanger besi ya apalagi yang sudah berkarat karena akan meninggalkan noda yang sulit hilang nantinya.

Nah Sahabat, mulai sekarang jangan sampai salah lagi ya dalam merawat kerudungmu

Leave a Comment