keutamaan tahajud

8 Keutamaan Shalat Tahajud yang Wajib Anda Tahu!

Shalat tahajud merupakan shalat sunnah yang sangat istimewa. Mengapa? Karena shalat sunnah ini perintahnya langsung disebutkan dalam Al Qur’an disertai dengan keutamaannya. Shalat Tahajud sendiri adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah seseorang bangun dari tidur. Ibadah ini termasuk sunnah mu’akad , yaitu sunnah yang dikuatkan dengan syara’.

Waktu paling mustajab untuk melakukan shalat tahajud adalah 1/3 malam. Dimana para malaikat turun ke bumi dan Allah mengabulkan doa setiap hamba-Nya. Anda tak hanya mendapatkan imbalan pahala dari Allah, namun juga berbagai rentetan manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al Qur’an mengenai sholat sunnah paling istimewa ini:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79)

Diantara keutamaan shalat tahajud adalah jalan meraih ridha Allah, dikabulkannya doa-doa dan juga pencegah dari berbuat dosa. Bahkan, karena banyaknya keutamaan shalat tahajud ini, Rasulullah tidak pernah meninggalkannya. Lantas apa saja keutamaan shalat tahajud ini? Ini info selengkapnya untuk Anda!

1. Shalat Sunnah Paling Utama

Tahajud yang juga disebut qiyamul lail atau sholat lail merupakan shalat sunnah yang paling utama. Sebagaimana sabda Rasulullah:

أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ قِيَامُ اللَّيْلِ

“Shalat yang paling afdhol setelah sholat fardhu adalah sholat malam” (HR. An Nasa’i)

2. Kunci Masuk Surga

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturrahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur; niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Tirmidzi)

3. Dikabulkannya Doa-Doa

Keutamaan shalat tahajud yang ketiga adalah dikabulkannya doa-doa. Seperti yang kita ketahui, shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sesudah tidur terlebih dahulu karena arti tahajud adalah bangun pada malam hari. Paling utama, shalat tahajud yang dikerjakan pada sepertiga malam sampai menjelang masuk waktu shalat subuh. Pada waktu inilah Allah SWT mengabulkan doa-doa hambanya.

“Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepadakepada- Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar” (HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no.758)

4. Kemuliaan dan Kewibawaan

Selain mendapatkan kedudukan mulia di akhirat kelak, orang-orang yang ahli shalat tahajud juga akan mendapatkan kedudukan yang mulia di dunia. Allah akan memberinya kemuliaan dan kewibawaan.

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim; hasan)

5. Penyelamat Dari Siksa Api Neraka

Rasulullah SAW bersabda: “Ada tujuh golongan yang akan dilindungi Allah dalam lindungan-Nya pada hari tidak ada perlindungan selain perlindungan-Nya: Imam yang adil, pemuda yang rajin beribadah, seorang yang hatinya selalu terpaut dengan masjid, dua orang yang saling mencintai, bertemu dan berpisah hanya karena Allah, seorang laki-laki yang diajak oleh seorang perempuan terhormat dan cantik, lalu ia berkata aku takut kepada Allah, seorang yang menyembunyikan sedekahnya tidak ingin dilihat orang, dan seorang yang mengingat Allah dalam keheningan hingga menitikkan airmata.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

6. Dipelihara oleh Allah dari Segala Macam Bencana

Rasulullah SAW, yang bersabda: “Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Lima keutamaan di dunia tersebut adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

7. Muka Tampak Berkilau dan Bercahaya

Orang yang rutin mengerjakan salat tahajud akan tampak tanda kesolehan di wajahnya. Ini diperkuat oleh hadist berikut.

Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadist “ bahwa orang yang melaksanakan sholat tahajud akan wajahnya akan terlihat atampan atau cantik di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

8. Mendapatkan Kebaikan Dunia dan Akhirat

Seseorang yang dengan rutin melaksanakan shalat Tahajud akan diberikan kebaikan di dunia maupun di akhirat nanti. Seperti hadist berikut ini

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR Muslim).

Nah itulah 8 keutamaan shalat tahajud Sahabat. Yakin masih mau meninggalkan shalat sunnah yang satu ini?

Leave a Comment