sumber: static.limakaki.com

7 Tips Traveling Menyambut Long Weekend Libur Tahun Baru Islam

Tahun baru Islam di tahun 2018 ini jatuh di hari Selasa, 11 September 2018. Apakah kantor sahabat menjadikan hari Senin sebagai hari libur juga? Jika iya, maka long weekend ini akan jadi waktu yang tepat untuk berlibur dan menyegarkan pikiran sejenak. Jika kantor sahabat tak punya waktu libur di hari Senin, mungkin kamu bisa mengambil satu hari jatah cuti jika memang ingin pergi berlibur singkat. Sebelum bersenang-senang di liburan singkat nanti, yuk simak 7 tips untuk travelling saat long weekend berikut ini.

1. Pilih Lokasi yang Dekat

Sumber: static.limakaki.com

Berlibur di waktu yang pendek, tentunya anda tidak ingin menghabiskan waktu di perjalanan. Lagipula, liburan tidak berarti harus pergi ke tempat yang jauh, kan? Cobalah menginap beberapa hari di hotel yang nyaman di kota sahabat. Liburan di kota sendiri seperti ini sedang tren di kalangan milenial, dikenal juga sebagai staycation. Jika sahabat lebih suka belibur di alam, sahabat bisa berjalan-jalan ke beberapa pulau sekaligus di Tanjung Priuk, Jakarta Utara.

2. Buat Garis Besar Rencana Liburan Sahabat

Sumber: Medium

Ketika memutuskan untuk berlibur ke tempat atau kota tertentu, sahabat pastinya punya sebuah tujuan. Ingat terus apa tujuan sahabat berlibur ke tempat tersebut, apakah sahabat ingin berwisata kuliner? Hanya ingin bersantai dengan berjalan kaki? Ingin berenang? Tidak perlu membuat rencana mendetail, sahabat bisa membuat garis besar rencana liburan sahabat di tempat tujuan. Jika rencana sudah dibuat, sahabat tak akan bingung apa yang harus dilakukan ketika sampai di lokasi liburan.

3. Berlibur Bersama Teman dan Keluarga yang Selalu Ada

Sumber: Pinter Pandai

Merencanakan liburan dengan teman dan keluarga bisa jadi rumit jika jadwal libur yang dimiliki berbeda. Jangan biarkan liburan sahabat menjadi wacana! Berliburlah bersama teman atau keluarga yang ada di saat itu juga, meskipun persiapan sahabat masih dirasa minim.

4. Bawa Barang-Barang Menggunakan Ransel

Image result for girl packing backpack

Sumber: Travel + Leisure

Tidak perlu membawa terlalu banyak barang ketika sahabat berlibur di waktu yang singkat. Waktu liburan sahabat hanya beberapa hari saja. Kemas beberapa potong pakaian ganti, kabel charger, headset, dan mukena/sajadah tipis ke dalam satu ransel saja. Jika sahabat belum memiliki mukena/sajadah yang tipis, Bursa Sajadah menyediakan Mukena Abutay mulai dari Rp27.500 (klik http://bit.ly/mukenatravelling) dan sajadah Silky Pocket dengan harga Rp25.000 saja (klik http://bit.ly/sajadahtravelling)

5. Mencoba Hal Baru Saat Liburan

Sumber: rhumc.org

Ingin suasana liburan lebih terasa, meskipun hanya di long weekend? Coba lakukan hal baru di suasana liburan ini. Hal baru ini tidak perlu hal yang besar, mulailah dari aktivitas yang kecil saja. Ada beberapa ide bagus untuk sahabat: membaca buku di pinggir pantai, menyewa atap penginapan untuk barbeque-an dengan kerabat, atau berjalan kaki di trotoar sekitar penginapan untuk mencari makan. Siapa tahu aktivitas yang baru sahabat lakukan akan membuat sahabat merasa lebih nyaman.

6. Berhenti Sejenak dari Sosial Media

Sumber: fulcircleservices.com

Di zaman yang serba cepat ini, informasi datang kepada sahabat dari berbagai sumber. Entah itu  benar atau tidak, pikiran sahabat jadi terpenuhi dengan kabar-kabar yang ada di sosial media. Jika sahabat merasa butuh rehat sejenak dari internet, logout semua akun sosial media sahabat. Lebih baik lagi jika sahabat tidak menggunakan internet saat berlibur untuk menjernihkan pikiran sahabat.

7. Tidak Perlu Membeli Oleh-Oleh

Image result for holiday

Sumber: Leeds Bradford

Membeli oleh-oleh kerap menjadi ciri khas seseorang yang sedang berlibur. Namun untuk long weekend kali ini, sahabat tidak perlu membeli oleh-oleh. Lebih baik, uang yang sahabat miliki dipakai untuk mencoba makanan baru di lokasi liburan. Ketika tidak membawa banyak oleh-oleh saat pulang, barang bawaan sahabat tidak akan bertambah banyak. Tidak perlu tenaga ekstra untuk mengemas oleh-oleh.

Setelah menyimak ketujuh tips berlibur ini, apakah sahabat siap untuk menyambut long weekend mendatang? Bagikan artikel ini ke teman dan keluarga sahabat yang akan anda ajak untuk berlibur bersama, ya!

Leave a Comment