kuat puasa

7 Tips Agar Kuat Berpuasa Seharian

Bulan Ramadhan telah tiba dan seluruh umat muslim di dunia ini pun menjalankan puasa karena keistimewaan bulan ramadhan ini tidak bisa dilewatkan begitu saja. Selain itu puasa hukumnya wajib bagi seluruh umat muslim yang telah baligh. Puasa bisa diartikan sebagai perbuatan menahan makan dan minum dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari. Puasa ramadhan sebenarnya tidak hanya tentang menahan lapar akan tetapi juga menahan emosi dan hawa nafsu.

Sesuai dengan perintah Allah SWT tentang puasa yang tercantum dalam Alqur’an surat AlBaqarah ayat 183 yang bunyinya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Lalu bagaimanakah cara atau tips agar kuat berpuasa sepanjang hari? Sedangkan berpuasa itu menahan makan dan minum serta menahan hawa nafsu dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau hingga waktu buka. Nah buat Anda yang tengah berpuasa, ini 7 tips agar kuat berpuasa seharian!

1. Jangan melewatkan sahur

Jika anda ingin kuat berpuasa tentu saja tidak boleh melewatkan sahur. Hal ini biasanya terjadi jika seseorang malas untuk bangun sahur dan mengabaikannya. Orang yang melewatkan sahur tentu akan merasakan cepat lemas saat berpuasa dan bisa jadi puasanya kan lebih mudah batal karena sakit. Makan sahur amatlah penting terutama untuk menjaga asupan nutrisi yang akan digunakan sebagai cadangan makanan disaat berpuasa. Orang yang makan sahur juga diberkati sebagaimana hadist Rasullullah SAW yang diriwayatkan oleh Anas bin malik yang bunyinya:

عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السُّحُورِ بَرَكَ

Dari Anas bin Maalik Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur ada keberkahan.”

2. Mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka

Tips yang kedua supaya tetap kuat berpuasa seharian yaitu dengan mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka. Hal ini merupakan tips yang diajarkan oleh Rasulullah saw.

Yang di maksud mengakhirkan makan sahur yaitu kita hendaknya makan sahurnya jangan terlalu awal , sebaiknya jarak kita makan sahur dengan imsak tidak lebih dari lima puluh ayat bacaan Al- Qur’an atau kurang lebih 5 menit, hal ini seperti yang terkandung dalam Hadist – Hadist berikut:

Zaid bin Tsabit berkata, “Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah Saw. Kemudian kami melaksanakan shalat. Kemudian saya bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan shalat? Rasulullah menjawab: Selama bacaan puluhan ayat.” (HR. Shahih)

Dalam menjalankan makan sahur selain menyiapkan cadangan makanan dan tenaga di dalam sahur juga terdapat berkah tersendiri di dalamnya.

“Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah saw juga mengajarkan kepada umatnya untuk menyegerakan berbuka . Jangan sampai kita menyalah artikan kalimat menyegerakan berbuka dengan berbuka sebelum waktunya . Karena arti yang sesungguhnya adalah bahwa kita harus segera berbuka jika waktu berbuka telah tiba jangan malah kita menundanya.

Rasulullah saw bersabda :

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Al- Bukhari dan Muslim)

3.  Jaga keseimbangan cairan

Menjaga cairan tubuh selama berpuasa sangatlah penting karena tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Bila tubuh keurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi dan tubuh menjadi lemas. Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, jangan lupa untuk mengkonsumsi cairan 8 gelas pada malam hari setelah berbuka puasa. Tidak hanya mengkonsumsi air putih, agar kuat berpuasa anda bisa mengkonsumsi jus buah atau susu.

4. Perbanyak konsumsi serat

Serat yang terkandung dalam buah dan sayur bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Serat yang dikonsumsi akan lebih lambat dicerna dan membuat perut penuh selama beberapa jam sehingga tubuh tidak cepat merasa lapar. Makanlah sayur dan buah seperti ubi dimalam hari atau pada saat sayur agar tidak hanya kuat berpuasa namun terhindar dari masalah pencernaan.

5. Mencukupi kebutuhan air dengan pola minum 2-4-2

Anda bisa menerapkan pola ini dengan cara minum 2 gelas air pas berbuka, lalu 4 gelas air sebelum tidur atau di sela-sela tidur, dan terakhir 2 gelas lagi menjelang sahur.

Dengan pola ini, kebutuhan 8 gelas air perhari bisa tetap terpenuhi. Cairan yang cukup tentunya bakal membuat tubuhmu tetap segar dan prima saat berpuasa.

6. Tidur siang sejenak untuk mencukupi kebutuhan istirahatmu

Tips supaya tetap kuat berpuasa seharian selanjutnya adalah tidur yang cukup. Jangan anggap sepele, tidur saat bulan Ramadan itu juga berpahala, lho! Kalau kurang tidur, rasa lapar dalam perutmu bakal semakin menjadi-jadi.

Jadi, selain membantu menahan lapar, tidur siang juga mengganti kebutuhan istirahatmu di waktu malam yang tersita oleh ibadah dan sahur.

7.  Hindari kafein

Kafein adalah zat stimulan otak yang terkandung dalam kopi, teh atau minuman bersoda. Kopi memang bisa menghindarkan kita dari rasa kantuk namun sebaiknya jangan dikonsumsi saat sahur karena kafein bisa menyerap cairan dalam tubuh dan mengakibatkan pengeluaran cairan atau urine yang berlebih. Hal ini bisa menyebabkan tubuh cepat merasa lemas.

Nah itulah 7 Tips agar kuat berpuasa seharian. Jangan lupa untuk melakukan tips tersebut di rumah ya Sahabat!

Selamat berpuasa

Leave a Comment