7 Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

Kacangan-kacangan diketahui sebagai salah satu makanan sehat. Selain kacang tanah, kacang almond, kacang kenari, dan kacang merah, ada lagi kacang pistachio yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kacang yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang berhaji dan Umrah ini, ternyata memiliki sejuta manfaat yang sangat baik buat kesehatan lho. Setiap 100 gram pistachio mengandung sekitar 570 kalori. Pistachio juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, serat, kalsium, zat besi, seng, magnesium, dan berbagai jenis vitamin.

Dari deretan nutrisi di atas, ada banyak manfaat kacang pistachio untuk kesehatan yang bisa diperoleh.

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Pistachio merupakan salah satu jenis makanan yang harus anda konsumsi bila anda menderita gangguan jantung. Mengapa? Pistachio disinyalir dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah. Selain itu, pistachio juga mengandung lemak baik yang dapat membantu meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh. Pistachio merupakan salah satu sumber asam lemak tidak jenuh tunggal seperti asam oleat yang merupakan antioksidan kuat.

Pistachio tidak memiliki kandungan natrium sehingga sangat baik bagi penderita penyakit jantung. Pistachio juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan lutein yang dapat membantu menurunkan akumulasi plak lemak di dalam pembuluh darah dan meningkatkan kerja sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Selain itu, berbagai antioksidan ini juga dapat mengurangi oksidasi LDL.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Di antara jenis kacang lainnya, kacang pistachio mengandung lebih banyak antioksidan. Antioksidan memainkan peranan penting untuk mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko penyakit, termasuk kanker.

Dua jenis antioksidan yang paling banyak ditemukan dalam kacang adalah polifenol dan tokoperol yang melindungi tubuh dari serangan kanker. Fakta menariknya, antioksidan pada kacang ini sangat bisa diterima perut dan mudah diserap.

3. Membantu Menjaga Berat Badan

Sahabat yang memiliki masalah dengan berat badan, maka pistachio ini sangat pas untuk Anda konsumsi.

Pistachio mengandung banyak lemak baik dan cukup banyak kalori. Lemak baik ini dapat larut di dalam air sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan. Pistachio juga mengandung protein yang dapat membantu membakar lemak. Selain itu dengan mengonsumsi pistachio dapat membuat anda merasa kenyang sehingga dapat mencegah terjadinya obesitas dan peningkatan berat badan.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Pistachio mengandung banyak karoten seperti lutein dan zeaxanthin yang dapat membantu mencegah efek berbahaya dari radikal bebas dan sinar UV terhadap mata, sehingga dapat membantu membuat otot dan jaringan mata tetap kuat. Selain itu, karoten juga dapat melindungi retina sehingga dapat mencegah terjadinya degenerasi makula.

5. Melindungi Sistem Saraf

Pistachio mengandung banyak vitamin B6 yang dapat membantu pembentukan asam amino yang pada akhirnya akan berfungsi sebagai neurotransmiter. Mielin (selaput pembungkus saraf) juga dibentuk dari vitamin B6, yang berfungsi untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf.

Serotonin, melatonin, dan GABA juga dibentuk dari vitamin B6. Ketiganya berfungsi untuk mengurangi stress di dalam sistem saraf. Selain itu, pistachio juga mengandung sedikit tembaga yang penting dalam proses transmisi saraf.

6. Kontrol kadar gula darah

Penderita diabetes, Anda bisa mengonsumsi pistachio tanpa merasa takut gula darah naik mendadak. Kacang memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, kacang juga dapat mengontrol tekanan darah.

Dalam studi mini yang dilakukan terhadap 10 orang, konsumsi pistachio bersama dengan makanan tinggi karbohidrat mampu menurunkan gula darah.

7. Menutrisi Kulit dan Membantu Kerja Sistem Pencernaan

Berbagai antioksidan yang terdapat di dalam pistachio membuatnya sangat baik bagi kulit. Vitamin E di dalamnya dapat membantu melindungi membrane sel dan membuat kulit tampak lebih bersinar serta dapat melindungi kulit dari radiasi berbahaya sinar matahari. Minyak esensial di dalam pistachio juga dapat membantu mengatasi kulit kering, mencegah penuaan kulit, dan pembentukan noda hitam pada kulit.

Pistachio juga mengandung banyak serat yang dapat membantu proses pencernaan makanan dan membuat usus lebih kuat. Pistachio juga dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sehingga dapat membantu meningkatkan kerja saluran cerna.

Sahabat, itulah beberapa manfaat kacang pistachio untuk kesehatan tubuh. Anda yang ingin mendapatkan kacang ini bisa menghubungi customer service kami di 081322141666 atau bisa juga mengunjungi link berikut ini.

Leave a Comment