almonds-bowl-chocolate-2161650

7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Baik untuk Kecantikan Juga Lho!

Kacang Almond merupakan biji buah yang dipanen dari pohon almond, yang berasal dari Timur Tengah, India, dan Afrika Utara. Di Indonesia, kacang satu ini biasanya bisa didapatkan di supermarket. Dengan cita rasa yang beragam, kacang almond banyak diolah menjadi berbagai makanan yang nikmat maupun dijadikan toping pendamping makanan lainnya.

Kacang almond sendiri mengandung sumber vitamin E dan magnesium, protein, serat, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Nutrisi inilah yang membuat almond sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut 7 manfaat kacang almond untuk kesehatan dan untuk kecantikan juga lho. Simak ya!

1. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat kacang almond untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menurunkan kolesterol jahat. Dari hasil penelitian American Heart Association diketahui bahwa lemak baik dalam almond memainkan peran dalam membantu penuruan kolesterol yang sama efektifnya dengan obat-obatan.

Pun menurut penelitian dari Pennsylvania State University, kacang almond dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), kolestrol non-HDL, dan adipositas central, yang ketiganya merupakan faktor resiko penting untuk disfungsi kardiometabolik.

2. Anti alergi dan melawan sel kanker

Almond dikenal sebagai salah satu bahan baku alternatif dalam pembuatan produk nabati karena memiliki resiko yang kecil terhadap terjadinya alergi pada individu dengan kondisi khusus. Kandungan senyawa flavonol dan flavon-3-ols yang terdapat pada kacang almond memiliki banyak manfaat pada saluran pencernaan serta dapat menjadi antivirus, antialergi dan antikanker.

Selain itu, kandungan vitamin E yang ada pada kacang almond, memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat, sehingga mampu melawan radikal bebas, yang nantinya dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa, rutin mengonsumsi kacang-kacangan, seperti kacang almond, dapat menurunkan resiko kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar.

3. Membantu menurunkan berat badan

Buat Anda yang ingin menurunkan berat badan. Maka kacang almond ini bisa banget jadi alternatif yang harus dicoba.

Almond memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi sehingga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal ini tentunya akan membuat keinginan untuk makan kembali menurun, ini akan memberikan dampak penurunan berat badan secara perlahan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa diet dengan rendah kalori dan kaya akan kacang almond, sangat baik untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet, karena dapat membantu menurunkan berat badan mereka dengan lebih cepat.

4. Berperan sebagai antioksidan

Manfaat kacang almond untuk kesehatan lainnya adalah berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Senyawa flavonoid yang terdapat dalam almond diketahui mampu melawan radikal bebas serta menekan terjadinya peningkatan stres oksidatif pada individu pada pasien yang mengalami gangguan perkembangan seperti autism.

5. Merawat kelembapan kulit wajah yang kering

Memiliki masalah kulit wajah yang kering? Cobalah atasi dengan kacang Almond

Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan masker almond sangat berpengaruh terhadap hasil kelembaban pada kulit wajah kering. Hal ini dikarenakan kadar lemak pada almond sebesar 40,355 gr, protein 21, 125 gram, dan vitamin B kompleks khususnya vitamin B3 sebesar 4,015 mg yang dimiliki oleh almond. Kadar lemak dan protein yang tinggi dapat meningkatkan kadar kelembapan pada kulit wajah kering.

6. Mengatasi insomnia

Mungkin tak banyak yang tahu, kacang almond juga memiliki manfaat dalam mengatasi insomnia. Kandungan magnesium yang dimiliki almond mampu bisa menimbulkan rasa kantuk yang cepat sehingga berpengaruh terhadap kualitas tidur yang lebih baik.

Kalau Anda termasuk penderita Insomnia, maka cobalah mengonsumsi kacang Almond.

7. Mencegah sembelit

Kacang almond kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan. Serat yang ada makanan, mampu melancarkan proses pencernaan, sehingga dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Selain itu, kulit kacang almond juga mengandung senyawa prebiotik, yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Nah, itulah 7 manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh. Ternyata, dibalik rasanya yang enak, kacang ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh ya Sahabat. Jadi, tunggu apa lagi nih, marilah mengonsumsi almond secara teratur agar kesehatan tubuhmu semakin terjaga.

Nah, buat Anda yang belum memiliki kacang ini, ngga usah bingung. Anda bisa mendapatkannya di Bursa Sajadah. Anda bisa kunjungi website di sini  atau bisa juga dengan menghubungi langsung admin kami di 081214743669

Leave a Comment