silent

Wajib Dihindari! 7 Kebiasaan yang Bisa Mengurangi Pahala Ibadah di Bulan Ramadhan

Di bulan Ramadhan yang suci dan penuh ampunan ini, semua umat muslim tentu berlomba-lomba untuk meraih banyak pahala. Mulai dari beribadah tepat waktu, melaksanakan shalat sunnah, khatam Al-Quran, berzakat dan melakukan kegiatan bermanfaat lainnya. Semua yang dilakukan semata-mata tidak hanya sebagai bentuk ketaatan kepada Sang Pencipta namun juga untuk mendapatkan pahala sebanyak mungkin. Menghindari hal-hal yang kurang bermanfaat, membatalkan puasa dan mengurangi pahala pun terus diupayakan.

Kita tentunya tidak ingin semua ibadah yang sudah dilakukan akan berakhir tidak diterima dan menjadi amalan yang sia-sia. Memang sih, kita tidak bisa mengetahui dengan pasti apakah ibadah kita diterima oleh Allah swt.  Akan tetapi, mencegahnya lebih baik bukan?

Sayangnya terkadang tanpa disadari, ada lho kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan justru mengurangi nilai pahala Anda. Apa saja sih kira-kira? Ini dia 7 Kebiasaan yang Bisa mengurangi pahala ibadah di bulan Ramadhan!

1. Pamer atau riya’ dalam beribadah

Kebiasaan pertama yang sering banget dilakukan adalah kebiasaan pamer. Bahkan tak tanggung-tanggung ada yang dengan sengaja memposting kegiatan ibadah ke dalam media sosial. Ya memang tidak semua yang di upload merupakan tanda bahwa dia ‘riya’. Karena, riya’ atau pamer ini sangat erat kaitannya dengan niat di dalam hati orang yang bersangkutan. Makanya, setiap kali melakukan apapun, niat merupakan hal yang harus terus kita perbaiki agar terhindar dari sifat pamer.

2. Bergosip ria hingga menjelek-jelekan seseorang di belakangnya

Biasanya ini adalah kebiasaan para cewek. Apalagi kalau sudah berkumpul bersama teman-teman yang lain. Sengaja atau tidak, ghibah akhirnya terucap juga. Berkumpul dan ngabuburit itu boleh aja. Akan tetapi ketika berkumpul, janganlah bergosip dan membicarakan keburukan orang lain di belakangnya.

Coba deh ganti topik obrolan dengan yang lebih bermanfaat. Misal, berbagi kisah pengalaman sendiri, menyebarkan ilmu agama atau apapun pembahasan yang lebih positif. Memang sih, akan terasa berat di awal. Tapi percaya deh, obrolan seperti ini justru akan membuat Anda mendapatkan pahala.

3. Lalai ketika melaksanakan suatu ibadah

Lalai di sini amaksudnya adalah melaksanakan ibadah tapi tidak sepenuh hati. Misal, ketika sedang puasa tentu tidak makan dan minum. Tetapi jika ternyata Anda pun tidak melaksanakan kewajiban shalat, justru sibuk dengan urusan dunia, maka sama aja puasa nggak akan diterima. Akhirnya pahala pun menghilang

4. Terlalu banyak tidur

Tidur memang ibadah di bulan Ramadhan. Tetapi, kalau terlalu banyak tidur apakah masih disebut ibadah? Tentu tidak!

Tidur diperbolehkan daripada melakukan perbuatan jelek. Tetapi kalau terlalu lama tidur hingga melalaikan ibadah atau suatu hal yang bermanfaat, tentunya tidak akan mendapatkan pahala apapun, bahkan bisa mengurangi pahala.

Tidur boleh, tapi jangan keterusan sampai buka puasa, ya!

5. Berlebih-lebihan, baik saat sahur dan berbuka

Segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Bahkan tidak dianjurkan oleh Allah dan RasulNya. Berlebihan saat sahur atau berbuka misalnya dengan makan terlalu banyak. Apapun yang ada di depan mata dilahap sampai habis hingga perut menjadi sakit.

Perilaku seperti ini tentunya akan mengurangi nilai puasa hingga pahalanya pun berkurang.

6. Menyebarkan beita hoax

Menyebarkan berita hoax adalah perbuatan yang tidak patut dilakukan apalagi jika dilakukan di bulan yang suci ini. Sebaiknya berhati-hatilah ketika menerima sebuah informasi. Jangan langsung disebarkan meskipun terlihat sangat menarik untuk dikirimkan kepada orang lain.

Selalu konfirmasi atau mengecek kebenaran informasi sebelum membagikannya kepada orang lain, ya. Tentu Anda tidak mau kan kalau nilai pahala berkurang karena menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya?

7. Banyak mengeluh

Ini adalah kebiasaan yang sering banget dilakukan oleh siapapun, mengeluh. Capek sedikit mengeluh, kerjaan terlalu banyak mengeluh, apapun yang menurut Anda dirasa tidak sesuai Anda pasti akan mengeluh. Padahal mengeluh itu justru bisa mengurangi pahala Anda lho! Anda mau pahala berkurang hanya karena seringnya mengeluh? Tentu tidak, kan? Maka coba deh ganti keluhan Anda dengan ucapan-ucapan yang baik seperti “alhamdulillah” atau “masya Allah”. Mengandung nilai pahala lho.

Nah Sahabat Bursa Sajadah, mulai sekarang yuk hindari 7 kebiasaan yang bisa mengurangi pahala ibadah di bulan Ramadhan ini.

Leave a Comment