5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Assalamu’alaikum Sahabat.

Tidak terasa kurang dari 2 bulan lagi kita akan bertemu kembali dengan bulan suci Ramadhan. Untuk menyambut bulan ramadhan tentu banyak hal yang harus kita persiapkan agar ketika menjalankan ibadah di bulan tersebut kita sudah memiliki persiapan sebelumnya.

Nah, apa saja sih yang perlu dipersiapkan sebelum datang bulan Ramadhan? Berikut hal yang perlu Anda siapkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan

1. Mempersiapkan Diri

Mempersiapkan diri adalah hal utama yang harus Anda lakukan agar puasa berjalan lancar nantinya. Tujuannya adalah agar nantinya Anda tidak kaget dengan ritme kegiatan selama bulan puasa yang pastinya berubah dari bulan-bulan sebelumnya. Maka dari itu sebelum bulan puasa tiba, persiapkan semua dengan sebaik-baiknya.

Apa saja persiapan diri tersebut? Ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Tidak tidur terlalu larut dan bangun maksimal satu jam sebelum Subuh sehingga saat puasa tiba, Anda sudah terbiasa bangun untuk makan sahur.
  • Mulailah untuk berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Ketika ramadhan tiba, fisik Anda menjadi sehat dan tentunya ibadah akan lancar.
  • Biasakan untuk melakukan shalat berjamaah di masjid, termasuk shalat Subuh. Dengan begitu, selama Ramadhan, kebiasaan shalat berjamaah sudah terbentuk.
  • Membiasakan diri untuk puasa Senin Kamis, agar perut Anda nantinya tidak akan kaget saat harus berpuasa selama satu bulan penuh.
  • Biasakan untuk membaca al-Qur’an di beberapa waktu senggang, terutama setelah shalat Subuh dan Maghrib. Kebiasaan seperti ini akan terbawa hingga bulan Ramadhan nanti.
  • Biasakan untuk selalu bershalawat dan beristighfar.

2. Mempersiapkan Ilmu Seputar Ibadah dan Bulan Ramadhan.

Beribadah tentu tidak bisa dilakukan sembarang. Perlu landasan ilmu yang jelas agar ibadah lancar dan berkah. Tidak mungkin kita beribadah tetapi kita tidak mengetahui tujuan dan cara dalam beribadah. Nah, untuk memasuki bulan Ramadhan ini, perbanyaklah Ilmu seputar ibadah dan amalan Ramadhan terlebih dahulu. Agar hikmah yang didapat juga tidak setengah-setengah. Mulailah untuk membaca, mengikuti kajian, sharing dengan teman yang memiliki pengetahuan lebih seputar keagamaan, atau menonton siaran televisi seputar ibadah dan amalan di bulan Ramadhan.

3. Mempersiapkan tabungan khusus di bulan Ramadhan.

Bulan puasa itu identik dengan ngabuburit. Kalau ngabuburit apa saja sih yang biasa Anda lakukan? Pasti nggak jauh-jauh dari membeli makanan untuk berbuka puasa kan? Dan itu pasti itu nggak cuma dilakukan sekali dua kali bahkan bisa dilakukan selama Ramadhan. Kalau sudah begini, apa yang terjadi? Pastinya pengeluaran Anda akan membengkak.

Nah untuk menyiasatinya, baiknya sebelum Ramadhan tiba cobalah untuk menyisihkan uang Anda khusus keperluan selama Ramadhan. Tidak hanya keperluan untuk berbelanja makanan, tetapi uang ini pun bisa digunakan untuk bersedekah.

4. Menyelesaikan Qadha Puasa Ramadhan

Puasa di bulan Ramadhan adalah wajib hukumnya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang diperbolehkan tidak berpuasa dan harus menggantinya di bulan lain. Seperti, menstruasi, sakit atau perjalanan jauh. Nah untuk Anda yang masih memiliki hutang puasa Ramadhan, sebaiknya selesaikan hutang tersebut dengan mengQadha’ sebelum Ramadhan tiba.

5. Persiapan Kebutuhan Bulan Ramadhan Sehari-hari

Persiapan yang terakhir adalah mempersiapkan kebutuhan sehari-hari selama Ramadhan. Mulai dari perlengkapan ibadah hingga keperluan dapur seperti sembako dan bumbu masak. Ini bertujuan agar ibadah puasa bisa maksimal dengan santapan sahur dan buka puasa yang mumpuni.

Itulah 5 hal yang perlu Anda siapkan agar puasa Anda selama Ramadhan dapat berjalan lancar.

Leave a Comment