ramadan-fasting-eat-iftar

5 Amalan Sunnah Ketika Berbuka Puasa

Ramadhan menjadi bulan yang sangat spesial di mana setiap amalan memiliki nilai pahala yang dilipat gandakan. Maka tak heran banyak yang menantikan bulan yang satu ini tiap tahunnya.

Nggak hanya itu saja, salah satu hal yang juga ditunggu ketika Ramadhan adalah ketika datangnya waktu berbuka puasa. Di dalam moment tersebut ada sebuah amalan sunnah berbuka puasa ramadhan yang di anjurkan Rasulullah SAW

Nah, mau tahu apa saja sih amalan-amalan yang dianjurkan tersebut? Ini dia 5 Amalan Sunnah Ketika Berbuka Puasa

1. Menyegerakan berbuka puasa

Yang dimaksud dengan menyegerakan berbuka puasa, yaitu menyegerakan untuk berbuka ketika sudah waktunya, yakni saat matahari tenggelam dan adzan magrib telah di kumandangkan. Seperti hadits yang menjelaskan mengenai sunnah menyegerakan berbuka:

“Umatku akan senantiasa berada di atas sunnahku (ajaranku) selama tidak menunggu munculnya bintang untuk berbuka puasa.” (HR. Ibnu Hibban 8/277 dan Ibnu Khuzaimah 3/275, sanad shahih)

Menyegerakan berbuka puasa saat waktunya tiba merupakan salah satu anjuran nabi Muhammad SAW. Anjuran ini merupakan sunnah yang tak hanya berpahala, tetapi juga mengandung nilai kesehatan yang baik untuk mengembalikan kondisi tubuh.

2. Berbuka dengan kurma atau seteguk air

Dijelaskan dalam sebuah hadist, bahwa dahulu Rasulullah sangat suka berbuka puasa dengan memakan kurma basah yang baru matang atau rothb, karena rasanya yang sangat enak. Jika tidak ditemukan rothb, maka Rasulullah menggantinya dengan kurma kering atau tamr. Namun apabila tidak menemukan kurma jenis keduanya, maka boleh juga dengan meminum air putih.

Berikut ini adalah haditsnya:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3/164, hasan shahih)

Bukan sembarang sunnah, anjuran berbuka dengan kurma atau yang manis lainnya, dan tentunya juga yang alami, mengandung juga alasan kesehatan.

Makanan atau minuman manis adalah sumber kalori yang mudah untuk diproses oleh tubuh dengan cepat. Sehingga tubuh kembali mendapatkan energi setelah tidak terisi selama kurang lebih 14 jam.

3. Membaca doa berbuka puasa

Amalan sunnah ketika berbuka puasa yang ketiga adalah membaca doa berbuka puasa. Sebagaimana hadits yang tertera di bawah ini:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika telah berbuka mengucapkan: ‘Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah (artinya: Rasa haus telah hilang dan urat-urat telah basah, dan pahala telah ditetapkan insya Allah).” (HR. Abu Daud no. 2357, hasan)

Berbuka adalah salah satu kebahagiaan yang didapat oleh mereka yang berpuasa. Namun jangan sampai terlena hingga lupa berdoa. Saat azan Magrib berkumandang, awali dengan basmallah, lalu berbuka dengan yang manis secukupnya, lalu baca doa seperti yang dilafadzkan nabi.

4. Bersedekah dengan memberi makan orang yang berbuka puasa

Bulan Ramadhan adalah waktu di mana kita berlomba-lomba untuk meraih kebaikan, maka sudah sepatutnya sebagai umat muslim untuk meraih kebaikan tersebut agar amal kita dilipatgandakan. Salah satu amalan yang pahalanya luar biasa adalah dengan memberi makan orang berpuasa, meskipun hanya dengan sebiji kurma. Amalan ini pun bisa jadi andalan untuk para wanita yang sedang berhalangan puasa, sehingga mereka tidak kehilangan pahala puasa.

Rasulullah Saw bersabda:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, hasan shahih)

5. Tidak berlebih-lebihan dalam berbuka puasa

Amalan sunnah ketika berbuka puasa yang terakhir adalah tidak berlebih-lebihan dalam berbuka puasa.

“Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak Menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Qs. Al-A’raf: 31)

Saat berbuka puasa, biasanya sudah banyak jenis makanan yang dihidangkan mulai dari makanan ringan, hingga makanan berat. Terkadang saking lapar dan bernafsu, semua makanan di depan mata rasanya ingin langsung dilahap. Padahal, berlebihan dalam memakan sesuatu sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ditambah salah satu anjuran ketika berbuka adalah tidak berlebih-lebihan. Maka baiknya, untuk makan secukupnya saja.

Berlebih-lebihan saat berbuka puasa justru akan membuat berat badanmu lebih cepat naik dan menyebabkan kantuk serta gangguan pencernaan. Sehingga tidak bisa maksimal saat beribadah salat tarawih.

Itulah lima amalan sunnah ketika berbuka puasa yang perlu kita pahami agar ibadah kita bisa maksimal dan penuh berkah. Yuk, terapkan!

Leave a Comment