Udang-Bakar-Madu (1)

4 Hidangan Olahan Madu yang Bakal Memanjakan Lidah Anda

Sahabat, apakah Anda penyuka madu? Cairan manis yang dihasilkan oleh lebah ini dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan, di antaranya sebagai obat batuk alami, menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh, hingga dapat digunakan sebagai masker wajah. Namun, selain memiliki fungsi bagi kesehatan dan kecantikan, madu juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Mulai dari makanan utama, hidangan pencuci mulut, hingga minuman segar, semua dapat menggunakan madu sebagai bahannya.

Anda punya banyak madu yang bisa diolah di rumah? Yuk, coba ikuti empat resep singkat hidangan olahan madu yang mudah dan lezat berikut ini!

  1. Chicken Wings Saus Madu

Ayam Goreng Saus Madu (1)

Sumber Gambar : Pinterest

Sahabat, sangat mudah lho, untuk membuat chicken wings saus madu seperti yang sering kita temukan di restoran. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah sayap ayam, tepung terigu, tepung beras, garam, madu, saus tomat, saus sambal, bawang putih yang sudah dicincang, kecap asin, serta minyak goreng.

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam dalam satu wadah. Kemudian, balurkan sayap ayam dalam adonan tepung dan goreng hingga matang. Untuk sausnya, tumis bawang putih hingga harum, lalu tambahkan madu, saus tomat, saus sambal, dan kecap asin sesuai selera. Masak hingga mengental. Terakhir, campurkan sayap sayam ke dalam saus madu yang telah mengental. Chicken wings saus madu Anda siap dihidangkan!

  1. Udang Bakar Madu

Udang-Bakar-Madu (1)

Sumber Gambar : setetesinfo.com

Resep selanjutnya yang bisa Anda coba di rumah adalah udang bakar madu. Anda hanya memerlukan udang yang sudah dicuci hingga bersih, jeruk nipis, garam, mentega, madu, kecap manis, saus tomat, dan saus sambal. Siapkan juga tusuk sate untuk mempermudah proses pembakaran udang nantinya.

Setelah udang dicuci bersih, berikan perasan air jeruk nipis dan diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian cuci kembali. Selanjutnya, siapkan tusuk sate dan tusukkan udang sesuai keinginan Anda. Campurkan semua bahan saus; madu, kecap manis, saus tomat dan sambal, dan garam kemudian oleskan secara merata pada udang dan diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap. Sisakan saus untuk dioleskan kembali saat membakar.

Panaskan grilled pan atau alat bakar dan oleskan mentega agar tidak lengket. Taruh udang di atasnya dan oleskan sisa saus sambil dibakar. Lakukan hingga warna udang menjadi merah gelap. Sajikan selagi hangat.

  1. Pisang Goreng Madu

Resep-dan-Cara-Membuat-Pisang-Goreng-Madu-Nikmat-dan-Gurih (2)

Sumber Gambar : bedahresep.com

Untuk hidangan pencuci mulut yang satu ini, cara membuatnya lebih mudah lagi. Siapkan pisang (usahakan pisang raja agar rasanya legit atau pisang tanduk agar tidak lembek), tepung terigu, tepung beras, gula halus, garam, baking powder, air, minyak, dan tentunya madu. Takaran disesuaikan dengan jumlah pisang goreng yang ingin dibuat.

Campur semua bahan, pastikan adonan tidak terlalu kental maupun encer. Setelah adonan jadi, tambahkan madu ke dalamnya. Biasanya takaran yang digunakan sekitar 3-4 sdm madu untuk setiap dua buah pisang. Kemudian, masukkan pisang yang sudah dipotong-potong ke dalam adonan, lalu goreng hingga warnanya kecoklatan dan seperti terkaramelisasi. Nah, pisang goreng madu siap disajikan, deh!

  1. Honey Lemon Tea

Simple-and-Effective-Honey-and-Lemon-Tea-Recipe-For-Sore-Throats1_large (1)

Sumber Gambar: teakruthi.com

Cuaca yang panas membuat kita pasti ingin minum yang dingin dan segar, bukan? Nah, minuman ini cocok sekali dibuat untuk menghilangkan rasa gerah. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu waktu 10 menit saja! Bahan-bahan yang diperlukan pun hanya teh seduh, gula, lemon, madu, serta es batu.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah peras lemon sehingga menghasilkan air. Kemudian, seduh teh dengan air hangat dan diamkan sekitar tiga menit. Campurkan air perasan lemon, madu, serta gula sesuai dengan selera ke dalam larutan teh. Tambahkan es batu di akhir. Honey Lemon Tea yang dingin dan menyegarkan siap untuk dinikmati!

Bagaimana, Sahabat? Mudah sekali, kan, resep-resep olahan madu di atas? Jika diolah dengan baik, madu dapat menjadi hidangan yang memanjakan lidah. Anda pun tak perlu bingung di mana harus membeli madu yang enak dengan kualitas terbaik, karena Anda bisa menemukannya di Bursa Sajadah. Kami menyediakan berbagai jenis madu yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, namun sama lezat dan baik kualitasnya. Yuk, segera pesan madu pilihan Anda!

Leave a Comment